Jasa Poster Tercepat di Melawi

Poster merupakan satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk menyajikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga yaitu salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.

Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga kiat-tips promosi menerapkan poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tidak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dijadikan menggunakan berbagai macam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari pelbagai ukuran kertas yang beraneka, tapi yang umumnya dipakai antara lain ialah sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan amat tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang biasanya memakai beberapa ragam kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beraneka elemen, yakni lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster hal yang demikian.

Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang digunakan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dibuat pada tahun 1700an yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Ketika masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster memiliki kegunaan yang amat beraneka dan untuk bermacam-macam tujuan, serta sudah dipakai semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian figur kegunaan poster yaitu sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran

metode-desain-poster

Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya seharusnya betul-betul dilihat dan tak cuma dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya melainkan akibatnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster

Tahapan pertama ialah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.

Kami memberi anjuran menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih layak dengan warna yang terlihat di layar komputer atau komputer jinjing Anda.

Cara Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Seandainya desain poster yang telah anda buat

Maya Anda masih kebingungan dalam menentukan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah sesuai keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Mesti Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti

Mesti pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dipandang agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin sasaran audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Sepatutnya selanjutnya merupakan membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap

Desain sederhana dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran

Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk beraneka ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang digunakan.
8. Tips Audiens

Harus terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima beragam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Sebagian desain poster selesai diciptakan, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu dipandang pada dikala akan mencetak poster yang biasanya dijalankan yakni sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada sebagian daerah percetakan umumnya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan dipakai yakni mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan cara kerja progres yang cepat.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam digital ini antara lain yaitu sebagai berikut:

Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal bila membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, namun umumnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa pelaksanaan biasanya lebih pesat diperbandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset ialah sistem percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama dibandingkan percetakan komputerisasi.

E. Sebagian yang mempengaruhi tarif cetak poster

Beberapa elemen yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian spot UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama