Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk menyajikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga yakni salah satu produk percetakan yang banyak dibuat oleh banyak orang.
Berikut akan dibuktikan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menggunakan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu ragam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan memakai bermacam-macam jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memastikan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang beraneka, tapi yang biasanya diterapkan antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan sangat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya menerapkan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh berjenis-jenis elemen, yakni lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster tersebut.
Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, secara khusus perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang amat berbagai dan untuk berbagai tujuan, serta telah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa contoh kegunaan poster ialah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Sasaran
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan progresnya seharusnya sangat diperhatikan dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, target audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi walhasil konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih cocok dengan warna yang menonjol di layar komputer atau notebook Anda.
Metode Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak kebutuhan
Bila desain poster yang sudah anda buat
Online Anda masih keder dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Harus pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster lazimnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat sasaran audiens menjadi tenar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib selanjutnya ialah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti harus penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap
Desain simpel dan minimalis malahan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini mesti dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk pelbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten jelas terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens
Semestinya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan bermacam-macam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dijadikan, berikutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dilaksanakan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan diaplikasikan yakni mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan cara kerja pengerjaan yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal sekiranya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tetapi lazimnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa progres umumnya lebih kencang dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yakni sistem percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian cara kerja lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Sebagian yang mempengaruhi tarif cetak poster
Sebagian unsur yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan spot UV atau emboss)
Berikut akan dibuktikan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menggunakan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu ragam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan memakai bermacam-macam jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memastikan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang beraneka, tapi yang biasanya diterapkan antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan sangat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya menerapkan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh berjenis-jenis elemen, yakni lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster tersebut.
Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, secara khusus perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang amat berbagai dan untuk berbagai tujuan, serta telah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa contoh kegunaan poster ialah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Sasaran
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan progresnya seharusnya sangat diperhatikan dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, target audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi walhasil konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih cocok dengan warna yang menonjol di layar komputer atau notebook Anda.
Metode Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak kebutuhan
Bila desain poster yang sudah anda buat
Online Anda masih keder dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Harus pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster lazimnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat sasaran audiens menjadi tenar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib selanjutnya ialah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti harus penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap
Desain simpel dan minimalis malahan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini mesti dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk pelbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten jelas terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens
Semestinya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan bermacam-macam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dijadikan, berikutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dilaksanakan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan diaplikasikan yakni mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan cara kerja pengerjaan yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal sekiranya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tetapi lazimnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa progres umumnya lebih kencang dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yakni sistem percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian cara kerja lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Sebagian yang mempengaruhi tarif cetak poster
Sebagian unsur yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan spot UV atau emboss)