Jasa Poster Terpopuler di Bengkayang

Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.

Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga kiat-tips promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster merupakan perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dijadikan mengaplikasikan beragam jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam memastikan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam ukuran kertas yang bermacam-macam, melainkan yang biasanya digunakan antara lain yaitu sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan betul-betul tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang lazimnya menerapkan beberapa tipe kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beraneka faktor, adalah lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.

Seumpama Anda akan memasang poster pada halte bis yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang biasanya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Ketika masa perang, terpenting perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang betul-betul bermacam dan untuk pelbagai tujuan, serta telah diaplikasikan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian teladan kegunaan poster ialah sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif

sistem-desain-poster

Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan progresnya seharusnya benar-benar dilihat dan tidak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta pas sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tapi hasilnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster

Jenjang pertama adalah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.

Kami memberi masukan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih layak dengan warna yang nampak di layar komputer atau notebook Anda.

Cara Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok keperluan
Jikalau desain poster yang sudah anda buat

Online Anda masih kebingungan dalam memastikan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah sesuai keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Mesti Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti

Patut pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih terkait dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat sasaran audiens menjadi tenar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Harus selanjutnya merupakan membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap

Desain sederhana dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran

Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk berjenis-jenis ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang dipakai.
8. Tips Audiens

Patut terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kans atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Beberapa desain poster selesai diwujudkan, berikutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu dipandang pada saat akan mencetak poster yang umumnya dilakukan yakni sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, merupakan vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan dipakai yaitu mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pengerjaan proses yang pesat.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain yakni sebagai berikut:

Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Pengerjaan akan lebih mahal bila membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, namun biasanya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa cara kerja lazimnya lebih kencang dibandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset yakni cara percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain yakni sebagai berikut:

Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah jikalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian pelaksanaan lebih lama diperbandingkan percetakan digital.

E. Sebagian yang mempengaruhi biaya cetak poster

Beberapa unsur yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan spot UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama