Poster merupakan satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk menyajikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga merupakan salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan kiat desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat diciptakan memakai beraneka jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam-macam ukuran kertas yang berbagai, tetapi yang lazimnya diterapkan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang lazimnya memakai beberapa jenis kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh berjenis-jenis faktor, merupakan lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.
Seumpama Anda akan memasang poster pada halte bus yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang sangat berjenis-jenis dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta sudah dipakai sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa figur kegunaan poster ialah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan prosesnya seharusnya sangat diperhatikan dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi akibatnya tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Tahapan pertama adalah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi masukan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih layak dengan warna yang menonjol di layar komputer atau laptop Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Sekiranya desain poster yang sudah anda buat
Maya Anda masih kebingungan dalam menentukan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah pantas kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Patut pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang dipakai, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diamati supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster umumnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi tenar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Semestinya selanjutnya adalah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis pun dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima bermacam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai diciptakan, selanjutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dikerjakan yaitu sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada sebagian tempat percetakan biasanya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan digunakan merupakan mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pengerjaan progres yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe digital ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal apabila membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tapi umumnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa pengerjaan biasanya lebih cepat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset ialah cara percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian progres lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Sebagian unsur yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan kiat desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat diciptakan memakai beraneka jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam-macam ukuran kertas yang berbagai, tetapi yang lazimnya diterapkan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang lazimnya memakai beberapa jenis kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh berjenis-jenis faktor, merupakan lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.
Seumpama Anda akan memasang poster pada halte bus yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang sangat berjenis-jenis dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta sudah dipakai sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa figur kegunaan poster ialah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan prosesnya seharusnya sangat diperhatikan dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi akibatnya tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Tahapan pertama adalah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi masukan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih layak dengan warna yang menonjol di layar komputer atau laptop Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Sekiranya desain poster yang sudah anda buat
Maya Anda masih kebingungan dalam menentukan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah pantas kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Patut pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang dipakai, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diamati supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster umumnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi tenar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Semestinya selanjutnya adalah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis pun dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima bermacam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai diciptakan, selanjutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dikerjakan yaitu sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada sebagian tempat percetakan biasanya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan digunakan merupakan mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pengerjaan progres yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe digital ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal apabila membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tapi umumnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa pengerjaan biasanya lebih cepat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset ialah cara percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian progres lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Sebagian unsur yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)