Buah Tin

Nama dari buah tin diambil dari Bahasa Arab. Sebenarnya, pohon buah tin masih satu keluarga dengan pohon beringin dan banyak ditemui di daerah Afganistan sampai dengan Balkan. Tapi sekarang, sudah banyak dibudidayakan di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.
Di negara kita sendiri, sudah banyak yang melakukan budidaya buah tin. Sehingga kini, tidak sulit lagi bagi kita untuk menemukan tempat jual bibit pohon tin maupun yang jual buah tin-nya langsung, karena sudah banyak di pasaran. Selain itu, harga buah tin pun sudah tidak semahal dulu. 
Pohon buah tin juga akan berbuah sepanjang tahun karena buah tin bukan termasuk buah musiman. Buah tin juga banyak jenis atau varietasnya, buah tin yordan adalah yang paling terkenal di antara jenis lainnya di Indonesia.  

Manfaat Buah Tin 

Khasiat Buah Tin dalam Al-Quran dan Hadits

Buah tin memiliki khasiat yang sangat fenomenal. Sampai-sampai, bukan hanya dikenal oleh kalangan masyarakat secara umum saja, tapi juga disebutkan oleh Allah SWT di dalam kitab suci Al-Quran, tepatnya di surat At-Tin ayat 1-2. Begitupun di dalam Hadits Rasuluah SAW yang menyebutkan beberapa khasiat dari buah tin.
Berikut ini khasiat buah tin dalam Al-Quran dan Hadits Rasulullah SAW:
”Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina,” (at-Tin: 1-2)
Abu Darda radhiallahu’anhu juga meriwayatkan sabda Nabi bahwa:
“Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok.“ (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad)”
Sebenarnya, dari firman dan hadits tersebut saja kita sudah dapat melihat btapa besar manfaat yang diberikan oleh buah tin bagi kita. Makanya, di artikel ini akan kita lihat berbagai macam manfaaat buah tin dan daunnya bagi kesehatan kita.
Lebih baru Lebih lama