Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk menyajikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga merupakan salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.
Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu tipe saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dihasilkan menerapkan bermacam-macam ragam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berbagai ukuran kertas yang pelbagai, melainkan yang biasanya dipakai antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya mengaplikasikan beberapa tipe kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh beragam unsur, yaitu lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster tersebut.
Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang biasanya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang benar-benar beraneka dan untuk bermacam-macam tujuan, serta sudah diterapkan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian teladan kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya wajib amat dilihat dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan hasilnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama yaitu mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami menyarankan menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih cocok dengan warna yang nampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas keperluan
Jika desain poster yang telah anda buat
Online Anda masih keder dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah sesuai keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Patut pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster lazimnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi tenar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Patut selanjutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti harus penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap
Desain sederhana dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Apabila Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap jelas terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan beragam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diciptakan, selanjutnya yaitu menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang umumnya dilaksanakan yakni sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa tempat percetakan lazimnya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yakni vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan diaplikasikan adalah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses proses yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi digital ini antara lain yakni sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal jika membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tetapi biasanya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa pengerjaan umumnya lebih kencang diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah cara percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama diperbandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Sebagian unsur yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)
Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu tipe saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dihasilkan menerapkan bermacam-macam ragam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berbagai ukuran kertas yang pelbagai, melainkan yang biasanya dipakai antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya mengaplikasikan beberapa tipe kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh beragam unsur, yaitu lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster tersebut.
Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang biasanya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang benar-benar beraneka dan untuk bermacam-macam tujuan, serta sudah diterapkan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian teladan kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya wajib amat dilihat dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan hasilnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama yaitu mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami menyarankan menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih cocok dengan warna yang nampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas keperluan
Jika desain poster yang telah anda buat
Online Anda masih keder dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah sesuai keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Patut pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster lazimnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi tenar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Patut selanjutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti harus penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap
Desain sederhana dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Apabila Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap jelas terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan beragam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diciptakan, selanjutnya yaitu menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang umumnya dilaksanakan yakni sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa tempat percetakan lazimnya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yakni vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan diaplikasikan adalah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses proses yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi digital ini antara lain yakni sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal jika membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tetapi biasanya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa pengerjaan umumnya lebih kencang diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah cara percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama diperbandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Sebagian unsur yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)