Jasa Poster Terpopuler di Bontosunggu

Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk mempersembahkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga yakni salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.

Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tidak cuma terdiri dari satu variasi saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dibuat menerapkan bermacam tipe bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam ukuran kertas yang berbagai, melainkan yang biasanya digunakan antara lain ialah sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diterapkan untuk poster akan betul-betul tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang biasanya memakai beberapa macam kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh pelbagai elemen, ialah lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.

Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dibuat pada tahun 1700an yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.

Dikala masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster memiliki kegunaan yang amat berbagai dan untuk beraneka tujuan, serta telah diterapkan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Beberapa model kegunaan poster merupakan sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran

cara-desain-poster

Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan prosesnya semestinya benar-benar dipandang dan tak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, target audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi akibatnya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster

Jenjang pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami memberi rekomendasi mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih layak dengan warna yang terlihat di layar komputer atau komputer jinjing Anda.

Sistem Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok keperluan
Sekiranya desain poster yang sudah anda buat

Dunia Anda masih linglung dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti

Semestinya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih terkait dengan tips sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diamati supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna ketika mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat sasaran audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Semestinya selanjutnya yakni membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap

Desain sederhana dan minimalis pun bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini wajib dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran

Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk berjenis-jenis ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang dipakai.
8. Tips Audiens

Seharusnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima bermacam-macam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Beberapa desain poster selesai dibuat, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.

Sebagian hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan adalah sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada sebagian daerah percetakan biasanya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan diterapkan adalah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan cara kerja cara kerja yang cepat.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi digital ini antara lain ialah sebagai berikut:

Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Proses akan lebih mahal sekiranya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan lazimnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian proses umumnya lebih pesat dibandingi offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset merupakan metode percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain adalah sebagai berikut:

Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian cara kerja lebih lama dibandingkan percetakan komputerisasi.

E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster

Beberapa elemen yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan titik UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama