Poster ialah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi memakai poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan menggunakan beragam variasi bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memastikan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beraneka ukuran kertas yang bermacam-macam, tapi yang umumnya dipakai antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang biasanya menggunakan sebagian jenis kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh bermacam faktor, yakni lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster hal yang demikian.
Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali dibuat pada tahun 1700an yang biasanya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, terutama perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sungguh-sungguh pelbagai dan untuk beragam tujuan, serta sudah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian teladan kegunaan poster merupakan sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pelaksanaannya mesti amat diamati dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membuat poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya melainkan walhasil tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama yaitu mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih cocok dengan warna yang kelihatan di layar komputer atau notebook Anda.
Cara Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Kalau desain poster yang telah anda buat
Dunia Anda masih kebingungan dalam memutuskan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Semestinya Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Harus pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diamati agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin sasaran audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Semestinya berikutnya merupakan membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain simpel dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berjenis-jenis ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang digunakan.
8. Tips Audiens
Mesti terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kans ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk menerima bermacam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dihasilkan, berikutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dilakukan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada sebagian daerah percetakan biasanya akan lebih murah jika Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, merupakan vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan digunakan adalah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan cara kerja proses yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain yakni sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal jikalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan umumnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian cara kerja umumnya lebih kencang dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset ialah metode percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Sebagian faktor yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian spot UV atau emboss)
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi memakai poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan menggunakan beragam variasi bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memastikan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beraneka ukuran kertas yang bermacam-macam, tapi yang umumnya dipakai antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang biasanya menggunakan sebagian jenis kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh bermacam faktor, yakni lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster hal yang demikian.
Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali dibuat pada tahun 1700an yang biasanya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, terutama perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sungguh-sungguh pelbagai dan untuk beragam tujuan, serta sudah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian teladan kegunaan poster merupakan sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pelaksanaannya mesti amat diamati dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membuat poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya melainkan walhasil tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama yaitu mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih cocok dengan warna yang kelihatan di layar komputer atau notebook Anda.
Cara Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Kalau desain poster yang telah anda buat
Dunia Anda masih kebingungan dalam memutuskan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Semestinya Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Harus pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diamati agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin sasaran audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Semestinya berikutnya merupakan membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain simpel dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berjenis-jenis ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang digunakan.
8. Tips Audiens
Mesti terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kans ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk menerima bermacam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dihasilkan, berikutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dilakukan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada sebagian daerah percetakan biasanya akan lebih murah jika Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, merupakan vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan digunakan adalah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan cara kerja proses yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain yakni sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal jikalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan umumnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian cara kerja umumnya lebih kencang dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset ialah metode percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Sebagian faktor yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian spot UV atau emboss)