Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak dibuat oleh banyak orang.
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan tips desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga kiat-tips promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster merupakan perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dibuat menggunakan pelbagai jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beragam ukuran kertas yang pelbagai, tetapi yang lazimnya dipakai antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menerapkan beberapa macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beragam unsur, ialah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.
Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, khususnya perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang sangat bermacam-macam dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah diaplikasikan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran info, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa figur kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
metode-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan cara kerjanya semestinya sangat diamati dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, sasaran audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membuat poster yang kreatif serta pas target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya melainkan akhirnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami menganjurkan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih layak dengan warna yang nampak di layar komputer atau laptop Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Jika desain poster yang telah anda buat
Internet Anda masih bingung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah cocok kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Semestinya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang diaplikasikan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dipandang agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Mesti selanjutnya adalah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Jika Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Tips Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan peluang minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima berjenis-jenis tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dijadikan, berikutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu dipandang pada saat akan mencetak poster yang biasanya dijalankan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa tempat percetakan biasanya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan dipakai yakni mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan progres progres yang cepat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain yakni sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal seandainya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi biasanya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian progres lazimnya lebih cepat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yakni cara percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama dibandingkan percetakan digital.
E. Sebagian yang mempengaruhi biaya cetak poster
Beberapa elemen yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian spot UV atau emboss)
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan tips desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga kiat-tips promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster merupakan perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dibuat menggunakan pelbagai jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beragam ukuran kertas yang pelbagai, tetapi yang lazimnya dipakai antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menerapkan beberapa macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beragam unsur, ialah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.
Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, khususnya perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang sangat bermacam-macam dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah diaplikasikan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran info, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa figur kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
metode-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan cara kerjanya semestinya sangat diamati dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, sasaran audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membuat poster yang kreatif serta pas target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya melainkan akhirnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami menganjurkan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih layak dengan warna yang nampak di layar komputer atau laptop Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Jika desain poster yang telah anda buat
Internet Anda masih bingung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah cocok kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Semestinya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang diaplikasikan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dipandang agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Mesti selanjutnya adalah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Jika Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Tips Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan peluang minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima berjenis-jenis tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dijadikan, berikutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu dipandang pada saat akan mencetak poster yang biasanya dijalankan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa tempat percetakan biasanya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan dipakai yakni mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan progres progres yang cepat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain yakni sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal seandainya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi biasanya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian progres lazimnya lebih cepat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yakni cara percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama dibandingkan percetakan digital.
E. Sebagian yang mempengaruhi biaya cetak poster
Beberapa elemen yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian spot UV atau emboss)