Jasa Poster Terpopuler di Nagan Raya

Poster ialah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk memperkenalkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga merupakan salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.

Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster merupakan perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tidak cuma terdiri dari satu variasi saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat diwujudkan menerapkan berjenis-jenis ragam bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam menentukan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beragam ukuran kertas yang berbagai, namun yang lazimnya digunakan antara lain yaitu sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang digunakan untuk poster akan benar-benar tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang biasanya memakai sebagian macam kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beragam elemen, adalah lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.

Seumpama Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diterapkan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.

Dikala masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang amat beraneka dan untuk bermacam tujuan, serta sudah dipakai semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Beberapa contoh kegunaan poster adalah sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Sasaran

cara-desain-poster

Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan cara kerjanya mesti amat dilihat dan tak cuma dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta pas sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya namun akhirnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster

Jenjang pertama ialah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami memberi masukan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih sesuai dengan warna yang menonjol di layar komputer atau laptop Anda.

Metode Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Bila desain poster yang sudah anda buat

Maya Anda masih bingung dalam memutuskan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah layak kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Mesti Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti

Patut pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang diterapkan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna dikala mendesain poster lazimnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat sasaran audiens menjadi tenar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Semestinya berikutnya yaitu membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap

Desain simpel dan minimalis malah bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran

Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang digunakan.
8. Kiat Audiens

Mesti terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kans minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan beraneka tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Sebagian desain poster selesai dibuat, berikutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu dilihat pada dikala akan mencetak poster yang biasanya dilaksanakan ialah sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada sebagian tempat percetakan lazimnya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Digital vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, adalah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital

Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan diaplikasikan merupakan mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan cara kerja pengerjaan yang kencang.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain adalah sebagai berikut:

Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal kalau membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, melainkan lazimnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa pengerjaan lazimnya lebih pesat dibandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset ialah cara percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain adalah sebagai berikut:

Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa proses lebih lama dibandingkan percetakan digital.

E. Sebagian yang memberi pengaruh biaya cetak poster

Sebagian unsur yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:

Tips bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama