Tari Yapong DKI Jakarta


        
   Tarian Yapong berasal dari Jakarta yang diciptakan untuk sebuah pertunjukan. Namun dalam perkembangannya tarian ini sering dijadikan sebagai tari pergaulan untuk mengisi sebuah acara sesuai dengan permintaan, karena tarian ini penuh dengan variasi didalamnya.
 
          Tari Yapong awalnya merupakan tari yang sengajadipentaskan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Jakarta di tahun 1975. Nama”Yapong” sebenarnya tidak memiliki arti, nama tersebut dari para penarinya yang meneriakkan”ya ya ya ya ya” disusul dengan suara alat musik pengiring yang berbunyi “pong” tari ini pun kemudian “yapong”.

Fungsi Tari Yapong
 
Ada 3 fungsi Tari Yapong, yaitu :
1. Sebagai acara festival daerahkhususnya yang berada di Ibukota Jakarta
2. Sebagai media hiburan rakyat agar khususnya orang ibukota mengenal akan tari daerahnya
3.Sebagai media Pendidikan

Simbol tari ditinjau dari “Gerak”
 
Gerakan tari yapong ini merupakan gerakan yang paling sederhana namun sangat dinamis . Dengan bertumpu pada gerakan kaki , tangan dan pinggul . Gerak tari yapong juga memiliki arti , yaitu artinya seorang anak yang memiliki sifat ceria dan gembira dengan menunjukkan tarian pada tangan dan kaki secara bergantian . Gerakan Tari yapong kini banyak kreasi gerakan sehingga di setiap pertunjukannya terlihat menarik .

“Simbol Tari Yapong ditinjau dari Alat Musik Pengiring Tari Yapong”

Alat musik yang digunakan saat tarian ini ditarikan merupakan campuran antara Betawi, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Setelah tarian ini menjadi tarian lepas, maka DKI Jakarta memanfaatkan beberapa alat musik tradisionalnya, seperti Rebana Biang, Rebana Hadroh, Rebana Ketimpring. Dengan demikian, tari Yapong merupakan kreasi baru yang bertolak dari unsur-unsur gerak tradisional Betawi.

“Simbol Tari Yapong ditinjau dari Keunikan Kostum”  

Kostum tari Yapong hampir sama dengan kostum tari topeng betawi . Busana yang digunakan biasanya berwarna terang dengan tambahan batik betawi di bagian bawahnya . Digunakan warna terang karena artinya anak kecil yang sedang senang dan gembira diibaratkan dengan awan yang terang benderang  . Selain itu , dihiasi dengan tutup kepala yg disebut dengan “Mahkota bunga” dan selempang yang dikenakan di dada disebut dengan “Toka-Toka”

Simbol Tari ditinjau dari “Tata Rias”
 
Tata rias tari yapong , di bagian kepala menggunakan mahkota dan wajahnya pun dirias dengan kedia pipi diberi bedak yang sangat mencolok agar terlihat indah. Tari yapong juga memakai pakaian adat serta serempang di dada .

sumber: http://hadiahmurid.blogspot.co.id/
              https://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Yapong
                    
Lebih baru Lebih lama