Jasa Poster Tercepat di Weda

Poster yaitu satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga yaitu salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.

Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menerapkan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya dipakai untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tidak hanya terdiri dari satu ragam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan mengaplikasikan berjenis-jenis variasi bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam ukuran kertas yang bermacam-macam, tetapi yang umumnya digunakan antara lain ialah sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan betul-betul tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang lazimnya mengaplikasikan beberapa variasi kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beraneka elemen, adalah lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.

Misalnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang umumnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.

Dikala masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang sangat bermacam-macam dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian teladan kegunaan poster ialah sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran

cara-desain-poster

Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan pengerjaannya harus benar-benar dilihat dan tidak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, target audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membuat poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi hasilnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster

Level pertama yakni mendesain poster, yang bisa Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.

Kami merekomendasikan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih cocok dengan warna yang kelihatan di layar komputer atau komputer jinjing Anda.

Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Jika desain poster yang telah anda buat

Dunia Anda masih bingung dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah sesuai kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Semestinya Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti

Seharusnya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang digunakan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna ketika mendesain poster lazimnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi terkenal dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Semestinya selanjutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti mesti penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap

Desain simpel dan minimalis bahkan bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran

Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang dipakai.
8. Tips Audiens

Seharusnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan peluang atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan berjenis-jenis kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Sebagian desain poster selesai dijadikan, selanjutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.

Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada dikala akan mencetak poster yang biasanya dijalankan ialah sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada beberapa tempat percetakan biasanya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, yakni vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital

Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan dipakai adalah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan progres cara kerja yang cepat.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis komputerisasi ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Cara akan lebih mahal apabila memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tapi umumnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian pengerjaan biasanya lebih pesat diperbandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset yakni sistem percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain yakni sebagai berikut:

Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama diperbandingkan percetakan digital.

E. Beberapa yang mempengaruhi tarif cetak poster

Beberapa elemen yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:

Tips bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama