Tari Sekapur Sirih



Tari Sekapur Sirih adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Jambi. Tarian ini termasuk jenis tarian penyambutan yang biasanya ditarikan oleh para penari wanita. Dengan berpakaian adat serta diiringi oleh alunan musik pengiring, mereka menari dengan gerakannya yang lemah lembut dan membawakan cerano sebagai tanda persembahan. Tari Sekapur Sirih merupakan salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal di daerah Jambi dan biasanya ditampilkan untuk menyambut kedatangan tamu terhormat yang berkunjung ke sana.
 

Sejarah Tari Sekapur Sirih

Menurut sejarahnya, Tari Sekapur Sirih pertama kali diciptakan oleh salah satu seniman yang cukup terkenal di Jambi, bernama Firdaus Chatap. Kemudian tarian ini diperkenalkan kepada masyarakat luas tahun 1962. Karena pada saat itu masih merupakan gerakan dasar, beberapa seniman mulai mengembangkan tarian ini. Dengan mengkolaborasikan dengan iringan musik dan lagu, sehingga membuatnya semakin menarik dan semakin populer dikalangan masyarakat.

Fungsi Dan Makna Tari Sekapur Sirih

Tari Sekapur Sirih ini difungsikan sebagai tarian selamat datang untuk menyambut para tamu terhormat yang datang ke sana. Tarian ini dimaknai sebagai sikap keterbukaan masyarakat dalam menyambut para tamu yang datang ke sana. Selain itu, Tari Sekapur Sirih juga dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur dan kebahagiaan masyarakat dalam menyambut para tamu tersebut.

Pertunjukan Tari Sekapur Sirih

Tari Sekapur Sirih umumnya ditampilkan oleh para penari wanita, namun ada juga yang menambahkan penari pria sebagai penari pendukung. Untuk jumlah penari pada biasanya terdiri dari 9 penari wanita dan 3 penari pria. Para penari pria ini biasanya berperan sebagai pengawal dan pembawa payung. Sedangkan penari wanita berperan sebagai penari utamanya.

Gerakan dalam tarian ini didominasi oleh gerakan yang lemah lembut dari para penari. Gerakan dalam tarian ini dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya gerakan melenggang, sembah tinggi, merentang kepak, bersolek, dan gerakan berputar. Sedangkan untuk pola lantai yang dimainkan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan tempat pementasan.

Salah satu keunikan dalam tarian ini adalah proses penyambutannya yang dikemas dalam tarian. Di akhir tarian biasanya para penari akan menyuguhkan cerano berisi sekapur sirih kepada tamu terhormat dan meminta mereka untuk mencicipinya. Hal ini dilakukan sebagai symbol atau bukti bahwa para tamu tersebut menerima sambutan selamat datang dari masyarakat.
http://www.senitari.com/2015/07/tari-sekapur-sirih-sambutan-selamat-datang.html

Perkembangan Tari Sekapur Sirih

Dalam perkembangannya, Tari Sekapur Sirih masih terus dilestarikan dan dikembangkan hingga sekarang. Berbagai kreasi dan variasi juga sering ditampilkan dalam setiap pertunjukannya agar telihat menarik, namun tidak meninggalkan ciri khas serta keasliannya. Tarian ini juga masih sering ditampilkan dalam acara penyambutan tamu penting di Jambi. Walaupun sebenarnya di Jambi masih ada beberapa jenis tarian penyambutan lainnya, namun Tari Sekapur Sirih masih tetap menjadi tarian utama karena nilai-nilai dan filosofi yang ada didalamnya.

Tari Sekapur Sirih 

Tari Sekapur Sirih - Explorejambi.com

Properti Tari Sekapur Sirih


Selain gerakan biasanya suatu perlengkapan mencirikan sebuah tarian daerah, demikian dengan tari daerah dari Provinsi Jambi ini. Tarian ini juga memiliki properti yang tidak digunakan dalam jenis tarian dari daerah lain. Adapun properti tersebut antara lain dapat kita simak pada daftar di bawah ini:

1 Cerano

Merupakan sebuah tempat menyerupai kotak peti dan sebagaian menyerupai baskom diperuntukan sebagi wadah daun sirih yang biasanya pada akhir sambutan daun sirih ini dipersilahkan kepada para tamu untuk dicicipi sebagai bukti telah menerima sambutan selamat datang dari masyarakat Jambi.

2 Keris

Merupakan properti tari yang dikenakan oleh personel laki-laki yang berperan sebagai pengawal para penari.

3 Payung

Payung dibawakan oleh salah satu personel laki-laki pada awal pertunjukan yang biasanya memayungi penari terdepan. Pada beberapa kesempatan terlihat pula di depan para penari sebelum mempertunjukan aksinya terdapat dua orang seperti prajurit yang berperang dengan menggunakan golok/ pedang.

4 Busana

Pakaian yang dikenakan oleh para penari berupa pakaian adat Jambi yakni baju kurung yang masing-masing terdiri dari beberapa bagian seperti penutup kepala, atasan, bawahan, serta selendang. Warna berbeda biasa juga dikenakan oleh penari yang berada di tengah barisan.

5 Musik pengiring

Alat musik yang dimainkan sebagai pengiring tari sekapur sirih merupakan alat musik tradisional yang didominasi oleh suara gambus dan rebana. Selain dua alat musik tradisional tersebut ada pula alat musik lain seperti akordion, biola, gendang, serta gong.

Keunikan Gerakan Tari Sambutan Selamat Datang


Beragam gerak unik disajikan dalam sebuah upacara sambutan selamat datang bagi tamu yang datang ke Provinsi Jambi ini. Beberapa gerakan yang dapat kita uraikan dari salah satu kesenian daerah ini adalah sebagai berikut:

1 Melenggang

Merupakan gerakan awal pembukaan tarian

2 Sembah tinggi

Gerakan yang dilakukan sebagai rasa hormat terhadap tamu yang disambut, gerakan ini dilakukan dengan posisi penari berada di bawah (duduk bertimpuh)  yang bisa juga diartikan sebagai rasa merendahkan hati.

3 Merentang kepak

Gerakan ini juga dilakukan sembari para penari duduk bertimpuh setelah melakukan sembah tinggi. Terlihat kelembutan dan kepiawaian para penari dalam memainkan lentik tangan dan keluesannya dalam menari.

4 Bersolek

Gerakan-gerakan yang menggambarkan seorang wanita bersolek dan berhias diri seperti memakai pupur, bercermin, mengenakan gincu menggambarkan sebuah persiapan masyarakat Jambi dalam menyambut kedatangan tamunya.

5 Berputar

 Pada sesi ini para penari mulai berdiri dan melakukan gerakan berirama secara serentak dan terlihat kompak antara satu pemain dengan pemain lain. Gerakan berputar dilakukan sangat fariativ mulai dari gerakan berputar setengah hingga berputar penuh menambah keunikan gerakan tari sekapur siri selamat datang.


sumber:
 
http://www.negerikuindonesia.com/2015/11/tari-sekapur-sirih-tarian-tradisional.html 
http://bobo.grid.id/Sejarah-Dan-Budaya/Budaya/Tari-Sekapur-Sirih-Jambihttp://bobo.grid.id/Sejarah-Dan-Budaya/Budaya/Tari-Sekapur-Sirih-Jambihttp://explorejambi.com/tari-sekapur-sirih-jambi/ 
http://www.senitari.com/2015/07/tari-sekapur-sirih-sambutan-selamat-datang.html 
Lebih baru Lebih lama