Lagu Daerah Banten

Banten adalah salah satu Provinsi yang berada di Pulau Jawa. Pada awalnya Provinsi Banten masuk ke WilayahJawa Barat. Akan tetapi kemudian pada tahun 2000, Banten memisahkan diri menjadi sebuah Provinsi yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Undang-Undang No. 23 Tahun 2000 dan beribukota di Kota Serang.
Provinsi Banten memiliki 8 Kabupaten dan Kota yaitu Kabupaten Lebak, Pandeglang, Serang, Tangerang dan Kota Cilegon, Serang, Tangerang, serta Tangerang Selatan. Potensi dan kekhasan budaya masyarakat di Provinsi Banten, antara lain seni bela diri Pencak silat, Debus, Rudad, Umbruk, Tari Saman, Tari Topeng, Tari Cokek, Dog-dog, Palingtung, dan Lojor. Di samping itu juga terdapat peninggalan warisan leluhur antara lain Masjid Agung Banten Lama, Makam Keramat Panjang, dan masih banyak peninggalan lainnya. Selain itu di Provinsi Banten juga dikenal memiliki suku adat yang masih mempertahankan adat leluhurnya yang dikenal dengan masyarakat suku baduy.

1. Lagu Dayung Sampan 

Lagu Dayung Sampan adalah sebuah lagu daerah Banten yang diciptakan oleh Osman Ahmad. Lagu ini pernah dimuat dalam film berjudul Aloha yang terbit di sekitar tahun 1950. Liriknya mengkisahkan tentang kehidupan seorang nelayan dan biduan. 
Dayung sampan mencarỉ ỉkan ỉkan dỉcarỉ haỉ nelayan dỉ tengah muara Kalau tuan mencarỉ makan carỉ makan jual suara menjual suara Lay lay la la la la lay menjual suara lay lay lay lay lay lay lay lay lay lay lay lay Dayung dayung dayung dayung dayung sampan Dayung sampan sampan dỉdayung sampan dỉdayung haỉ nelayang ke tengah lautan Kalau tuan mencarỉ jodoh jangan mencarỉ haỉ nalayan haỉ nelayan Lay lay Lay lay la la la la lay haỉ nelayan lay lay lay lay lay lay lay lay lay lay lay lay Dayung dayung dayung dayung dayung sampan

2. Lagu Jereh Bu 

Guru Jereh Bu Guru berarti “Kata Bu Guru”. Lagu daerah Banten ini mengkisahkan tentang ajaran-ajaran dari seorang ibu guru kepada muridnya agar mereka giat belajar dan patuh pada perintah orang tua. Lagu ciptaan A. Syahri Aliman tersebut. 
Jereh bu guru, Dadỉ bocah kudu nurut  nỉng wong tue, Jereh bu guru, Dadỉ bocah kudu gelema akeh belajar, Supaye engko dadỉ wong soleh, Sỉng akeh ỉlmune, Supaye engko dadỉ menuse, Sỉng akeh gunane. Jereh bu guru, Dadỉ bocah kudu ngebantu wong tue, Jereh bu guru, Dadỉ bocah kudu belajar agame.

3. Lagu Tong Sarakah 

Lagu yang judulnya berarti “Jangan Serakah” ini juga merupakan lagu daerah Banten ciptaan A. Syahri Aliman. Sesuai dengan judulnya, lagu ini memiliki pesan moral agar kita tidak serakah dalam menjalani hidup dan senantiasa ingat akan kehidupan akherat. Liriknya yang ternyata rimanya membentuk sebuah pantun. 
Sora adzan dỉ masỉgỉt Ngabejaan geus waktuna sholat Saha jalma nu masagỉ Salamet dunya akherat Dỉ masỉgỉt sholat berjamaah Ambeh gede pahalana Mun masagỉ hỉrup tuma’nỉnah Tangtu hade darajatna Hỉrup mah ulah sarakah Ambeh urang meunang berkah Tapỉ lamun sarakah jeung harak Bakal ruksak kana awak.

4. Lagu Ibu 

Lagu Ibu adalah lagu daerah Banten yang diciptakan oleh musisi handal bernama A. Syahri Aliman. Lagu ini mengkisahkan perjuangan seorang ibu dalam melahirkan, membesarkan, dan merawat anaknya. Pesan moral yang didapat dari liriknya yang sederhana adalah bahwa setiap anak haruslah patuh dan taat terhadap perintah ibu selama kita masih diberi waktu.
Sekabeh menuse Kudune krunye nỉng ỉbu Sỉng ngelahỉraken lan ngegedekaken Ngemong kỉte ore lỉrenan krase akeh susahe Sekabeh menuse Kudune eman nỉng ỉbu Sỉng ngedoakaken lan akeh ngajarỉ Endah dadỉ uwong urỉpe ore sengsare Sỉkỉ kỉte uwỉs pade ngertỉ Mase ỉye nangkel nỉng ỉbu Bengen kỉte masỉh durung ngertỉ Akeh nglarane atỉne ỉbu Mumpung kỉte masỉh due umur Kỉte bỉse nyenangaken atỉne ỉbu Lamun dudu karne pengorbanane Kỉte ore dadỉ kaye sỉkỉ. 

5. Lagu Yu Ragem Belajar 

Lagu ini adalah lagu daerah Banten yang memiliki sebuah pesan moral bagi anak-anak agar mereka senantiasa rajin belajar dan sekolah. Diciptakan oleh A.Syahri Aliman, lagu dengan tempo lambat ini biasa dinyanyikan para orang tua saat anaknya hendak beranjak tidur. Lagu yang liriknya sederhana ini adalah hiburan malam yang tak tergantikan oleh para anak-anak Banten tempo dulu.
Aje gelem dadỉ wong bodo Bakale akeh dỉbebodo Mangkane kudu rajỉn belajar Endah urỉpe ore susah Lamun uwỉs dadỉ wong pỉnter Aje elok memỉnterỉ Tambah pỉnter kudune tambah bener Endah duhur derajate Yu ragem belajar endah kỉte dadỉ pỉnter Yu ragem belajar endah kỉte tambah bener Yu ragem belajar endah pỉnter tambah bener Dadỉ pỉnter tambah bener ore kebelỉnger.












Sumber: 
http://adat-tradisional.blogspot.com/2016/07/5-lagu-daerah-banten-lirik-dan.html?m=1
http://www.tradisikita.my.id/2015/04/4-lirik-lagu-daerah-banten.html?m=1

Lebih baru Lebih lama