Alat Musik Tradisional NTT beserta video nya

Alat Musik Tradisional NTT Ragam Jenis Bentuk Dan Cara Membunyikan 
 
NTT adalah daerah yang dikenal kaya dengan budaya dan tradisi yang unik. Keunikan alat musik misalnya adalah Sasando yang telah dikenal di berbagai negara di dunia. Berikut ini adalah ragam jenis alat musik tradisional NTT.
Alat Musik Sasando
 
 
 
Alat musik ini berasal dari pulau Rote dengan nama panjang Sasando Rote dan cara membunyikanya dengan dipetik. Terdapat dua bagian utama dari alat musik ini, yaitu bagian terbuat dari bambu dan daun lontar. 
Pada bagian bambu adalah tempat melekatnya dawai sasando sebanyak 28 dawai atau sasando engkel dan 56 dawai sasando dobel, atau 84 dawai. Dawai tersebut memiliki ukuran panjang yang beragam dan dipasang melingkar bambu. 
Agar bunyi yang dihasilkan terdengar lebih nyaring dan jelas dipasang daun lontar pada bagian belakang terikat dengan bambu. Bentuk unik dari sasando ini terletak pada lengkungan.

Moko

Moko

Moko adalah alat musik tradisional NTT yang berasal dari pulau Alor. Begitu populernya alat musik Moko di pulau Alor menyebabkan pulau Alor dijuluki sebagai pulau Negeri Seribu Moko. Ada banyak sekali alat musik moko yang dapat ditemukan di pulau ini. Moko memiliki bentuk menyerupai gendang dan terbuat dari perunggu dengan motif yang bervariasi. Alat musik ini biasa dimainkan saat upacara adat. Saat ini moko juga digunakan sebagai mas kawin dalam acara pernikahan.
Alat Musik Foy Pai
 
Foy Pai
Foy ini sama dengan Foy doa dan termasuk alat musik tiup. Foy pai berupa suling bambu dengan menyerupai angka 4 dan menghasilkan nada dasar do, re, mi, fa, sol, la, si, do dan dimainkan sebagai pelengkap foy doa.

Kediding

Kediding
Alat musik Kediding menjadi salah satu kesenian khas NTT yang tepatnya berasal dari Alor. Kediding berbentuk tabung terbuat dari bambu. Terdapat lubang resonator di bagian tengah tabung bambu dan dilengkapi tiga dawai. Alat musik ini dapat dimainkan dengan cara dipetik maupun dipukul.

 Gong Waning

Gong Waning

Gong waning menjadi alat musik tradisional masyarakat Sikka yang dimainkan demgan cara dipukul atau ditabuh. Berbentuk menyerupai gendang, gong waning hanya memiliki satu membran yang ditabuh untuk menghasilkan bunyi. Gong waning biasanya akan dimainkam pada saat pertunjukan tari.

Alat Musik Leko Boko
Leko Boko
Alat musik unik ini terbuat dari labu hutan dan usus kuskus untuk dawainya dan instrumen ini juga disebut bijol. Cara membunyikan alat ini dengan cara digesek. 
 
 
sumber:
Lebih baru Lebih lama