Alat Musik Harmonis


Beberapa contoh alat musik melodis:

1. Recorder
loveyourguitar.com
loveyourguitar.com

Recorder ini sering sekali dimainkan oleh anak-anak, disamping mudah didapat harganya pun juga murah. Walaupun memainkan recorder cuku mudah, tapi ada beberapa teknik yang cukup sulit untuk dilakukan oleh seorang anak.
Recorder adalah salah satu jenis alat musik melodis yang cara memainkannya dengan ditiup. Sumber bunyinya berasal dari tekanan udara karena tiupan yang dilakukan saat memainkannya.

2. Pianika

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org

Nah, alat musik yang satu ini bentuknya mirip keyboard, adalah cara memainkannya. Kalau keyboard cukup ditekan langsung keluar bunyinya karena memakai listrik. Pianika perlu ditiup dulu baru deh ditekan tuts-nya, kalau hanya ditekan saja tidak akan keluar suaranya. Pianika ini biasa dimainkan sebagai alat pembelajaran di sekolah-sekolah. Pianika digunakan sebagai alat pembelajaran karena ukurannya yang tidak terlalu besar, harganya tidak mahal dan tentu saja memainkannya cukup mudah. Karena ditiup untuk memainkannya, pianika ini termasuk golongan alat musik tiup.

3. Gitar

musician-makers.com
musician-makers.com

Gitar adalah alat musik yang memainkannya dengan cara dipetik. Gitar terdiri dari bagian badan dan leher yang padat. Bagian leher digunakan sebagai tempat senar yang biasanya berjumlah enam buah.
Secara umum ada dua jenis gitar, gitar akustik dan gitar elektrik. Gitar akustik adalah gitar yang bagian badannya memiliki lubang. Sedangkan gitar elektrik bagian badannya tidak berlubang, walaupun pada awalnya juga berlubang. Tapi seiring berjalannya waktu, penggunaan badan padat pada gitar elektrik dinilai lebih sesuai.

4. Biola

ordinaryhappilyeverafter.com
ordinaryhappilyeverafter.com

Biola adalah alat musik yang cara memainkannya dengan digesek. Biola mempunyai empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda antara satu senar dengan senar yang lain.
Selain nama biola, nama lain yang biasa digunakan untuk menyebut biola adalah fiddle. Biola biasanya disebut fiddle jika digunakan untuk memainkan lagu-lagu tradisional.

5. Harmonika

suzukimusic.co.uk
suzukimusic.co.uk

Harmonika adalah alat musik yang memainkannya harus dengan ditiup. Cara memainkannya adalah dengan meniup dan menghisap lubang untuk menghasilkan suara.
Harmonika modern ditemukan oleh Christian Friedrich Buschmann pada tahun 1821. Awalnya, harmonika merupakan sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar dari logam. Plat getar tersebut disusun secara horizontal dan hanya menyediakan nada tiup kromatis.
Ternyata alat musik melodis yang tradisional pun juga ada nih. Ini nih beberapa alat musik melodis tradisional yang ada di Indonesia.

6. Angklung

suarabambu.wordpress.com
suarabambu.wordpress.com

Angklung merupakan alat musik tradisional yang berkembang dalam masyarakat Sunda di Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digoyangkan.
Bunyi dihasilkan karena benturan badan pipa bambu, sehingga terdengar bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3 sampai 4 dalam tiap ukuran angklung, baik yang besar maupun kecil.
Dalam bukunya Dictionary of the Sunda Language yang diterbitkan pada tahun 1862 di Batavia, Jonathan Rigg menuliskan bahwa angklung adalah alat musik yang terbuat dari pipa-pipa bambu. Bambu tersebut dipotong ujung menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ, kemudian diikat bersama dalam suatu bingkai dan digetarkan untuk menghasilkan bunyi.

7. Bonang

mastergamelan.blogspot.com
mastergamelan.blogspot.com

Bonang Barung adalah salah satu instrumen dari seperangkat Gamelan Jawa. Bonang dibagi menjadi dua macam, yaitu Bonang barung dan Bonang penerus. Cara memainkan bonang adalah dengan dipukul pada bagian atasnya.

8. Kecapi

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Kecapi ini mirip dengan gitar, cara memainkannya dengan dipetik.
Lebih baru Lebih lama