Poster merupakan satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga yakni salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.
Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi memakai poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dibuat memakai berbagai jenis bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam ukuran kertas yang pelbagai, tetapi yang lazimnya dipakai antara lain ialah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya mengaplikasikan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh bermacam unsur, yaitu lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.
Misalnya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, khususnya perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang betul-betul beraneka dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah digunakan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian model kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
metode-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan progresnya mesti benar-benar dipandang dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, target audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi hasilnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama merupakan mendesain poster, yang bisa Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi rekomendasi menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih pantas dengan warna yang tampak di layar komputer atau notebook Anda.
Metode Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Jika desain poster yang sudah anda buat
Maya Anda masih keder dalam menentukan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Harus Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Seharusnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang diaplikasikan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat sasaran audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Semestinya berikutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap
Desain simpel dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Jikalau Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten jelas terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan ketertarikan audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diwujudkan, selanjutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dipandang pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dikerjakan yaitu sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada sebagian daerah percetakan biasanya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, adalah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan diaplikasikan yakni mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan progres progres yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi digital ini antara lain ialah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Pengerjaan akan lebih mahal seandainya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi biasanya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa cara kerja umumnya lebih cepat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang mempengaruhi biaya cetak poster
Beberapa unsur yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan spot UV atau emboss)
Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi memakai poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dibuat memakai berbagai jenis bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam ukuran kertas yang pelbagai, tetapi yang lazimnya dipakai antara lain ialah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya mengaplikasikan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh bermacam unsur, yaitu lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.
Misalnya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, khususnya perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang betul-betul beraneka dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah digunakan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian model kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
metode-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan progresnya mesti benar-benar dipandang dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, target audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi hasilnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama merupakan mendesain poster, yang bisa Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi rekomendasi menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih pantas dengan warna yang tampak di layar komputer atau notebook Anda.
Metode Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Jika desain poster yang sudah anda buat
Maya Anda masih keder dalam menentukan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Harus Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Seharusnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang diaplikasikan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat sasaran audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Semestinya berikutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap
Desain simpel dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Jikalau Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten jelas terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan ketertarikan audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diwujudkan, selanjutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dipandang pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dikerjakan yaitu sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada sebagian daerah percetakan biasanya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, adalah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan diaplikasikan yakni mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan progres progres yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi digital ini antara lain ialah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Pengerjaan akan lebih mahal seandainya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi biasanya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa cara kerja umumnya lebih cepat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang mempengaruhi biaya cetak poster
Beberapa unsur yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan spot UV atau emboss)