Jasa Poster Terbaik di Sei Rampah

Poster yaitu satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.

Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tak hanya terdiri dari satu ragam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan mengaplikasikan bermacam macam bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam ukuran kertas yang beragam, tetapi yang umumnya dipakai antara lain adalah sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang umumnya menggunakan beberapa tipe kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beragam unsur, adalah lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster tersebut.

Contohnya Anda akan memasang poster pada halte bus yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang digunakan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Dikala masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster memiliki kegunaan yang benar-benar bermacam dan untuk berbagai tujuan, serta sudah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian figur kegunaan poster merupakan sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif

metode-desain-poster

Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan pengerjaannya mesti betul-betul dilihat dan tidak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membikin poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun walhasil konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster

Level pertama merupakan mendesain poster, yang bisa Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.

Kami memberi rekomendasi menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih sesuai dengan warna yang menonjol di layar komputer atau komputer jinjing Anda.

Metode Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok keperluan
Jikalau desain poster yang sudah anda buat

Online Anda masih keder dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti

Patut pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster

Masih terkait dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diamati supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin sasaran audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Mesti selanjutnya adalah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap

Desain sederhana dan minimalis pun dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Apabila Ukuran

Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk berjenis-jenis ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten jelas terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens

Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kans ketertarikan audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan berjenis-jenis tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Beberapa desain poster selesai dijadikan, berikutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat akan mencetak poster yang biasanya dilakukan adalah sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa tempat percetakan biasanya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 jenis, merupakan vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital

Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diterapkan merupakan mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan progres proses yang cepat.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam digital ini antara lain yaitu sebagai berikut:

Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal apabila memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tetapi biasanya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian proses umumnya lebih kencang diperbandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset yaitu metode percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain ialah sebagai berikut:

Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian pengerjaan lebih lama dibandingi percetakan digital.

E. Sebagian yang memberi pengaruh tarif cetak poster

Beberapa faktor yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama