Poster yaitu satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk mempersembahkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga yakni salah satu produk percetakan yang banyak diciptakan oleh banyak orang.
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan tips desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi mengaplikasikan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dihasilkan mengaplikasikan beragam ragam bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memutuskan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam ukuran kertas yang beragam, melainkan yang biasanya diaplikasikan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan betul-betul tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang lazimnya memakai sebagian jenis kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beragam unsur, yaitu lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.
Contohnya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, terutama perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang benar-benar berjenis-jenis dan untuk berbagai tujuan, serta telah dipakai semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian teladan kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Sasaran
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus efektif, keseluruhan pengerjaannya patut benar-benar dipandang dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan walhasil konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama adalah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih pantas dengan warna yang terlihat di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Seandainya desain poster yang sudah anda buat
Maya Anda masih keder dalam menentukan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Patut pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang digunakan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat target audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Harus berikutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain sederhana dan minimalis pun bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini mesti dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Tips Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dihasilkan, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang umumnya dijalankan adalah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada sebagian daerah percetakan lazimnya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, adalah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan diaplikasikan yaitu mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pengerjaan proses yang cepat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam komputerisasi ini antara lain adalah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Proses akan lebih mahal kalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, namun biasanya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa pengerjaan umumnya lebih kencang dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah cara percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa cara kerja lebih lama diperbandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang mempengaruhi tarif cetak poster
Beberapa unsur yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan tips desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi mengaplikasikan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dihasilkan mengaplikasikan beragam ragam bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memutuskan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam ukuran kertas yang beragam, melainkan yang biasanya diaplikasikan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan betul-betul tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang lazimnya memakai sebagian jenis kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beragam unsur, yaitu lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.
Contohnya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, terutama perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang benar-benar berjenis-jenis dan untuk berbagai tujuan, serta telah dipakai semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian teladan kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Sasaran
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus efektif, keseluruhan pengerjaannya patut benar-benar dipandang dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan walhasil konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama adalah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih pantas dengan warna yang terlihat di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Seandainya desain poster yang sudah anda buat
Maya Anda masih keder dalam menentukan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Patut pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang digunakan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat target audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Harus berikutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain sederhana dan minimalis pun bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini mesti dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Tips Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dihasilkan, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang umumnya dijalankan adalah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada sebagian daerah percetakan lazimnya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, adalah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan diaplikasikan yaitu mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pengerjaan proses yang cepat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam komputerisasi ini antara lain adalah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Proses akan lebih mahal kalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, namun biasanya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa pengerjaan umumnya lebih kencang dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah cara percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa cara kerja lebih lama diperbandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang mempengaruhi tarif cetak poster
Beberapa unsur yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)