Jasa Poster Terbaik di Penajam

Poster merupakan satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk memperkenalkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga yaitu salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.

Berikut akan dibuktikan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan kiat desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi memakai poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tidak hanya terdiri dari satu tipe saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dihasilkan menggunakan beraneka variasi bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang beraneka, melainkan yang lazimnya diterapkan antara lain merupakan sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang dipakai untuk poster akan sangat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya menerapkan sebagian jenis kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh bermacam unsur, yakni lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster hal yang demikian.

Umpamanya Anda akan memasang poster pada halte bus yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang digunakan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang biasanya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Dikala masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang betul-betul bermacam-macam dan untuk beraneka tujuan, serta telah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Beberapa figur kegunaan poster yaitu sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif

cara-desain-poster

Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan prosesnya mesti sangat dilihat dan tak cuma dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tetapi akhirnya tetap optimal.
A. Mendesain Poster

Tahapan pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami menganjurkan menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih cocok dengan warna yang kelihatan di layar komputer atau notebook Anda.

Metode Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak kebutuhan
Bila desain poster yang sudah anda buat

Dunia Anda masih bingung dalam menentukan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti

Sepatutnya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Mesti selanjutnya yakni membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap

Desain sederhana dan minimalis pun bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini semestinya dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Apabila Ukuran

Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berjenis-jenis ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten jelas terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang digunakan.
8. Tips Audiens

Seharusnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan ketertarikan audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan berbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Beberapa desain poster selesai dihasilkan, selanjutnya yaitu menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.

Sebagian hal yang perlu diamati pada dikala akan mencetak poster yang umumnya dilakukan yaitu sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada sebagian tempat percetakan umumnya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, ialah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital

Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan digunakan yakni mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan progres pengerjaan yang pesat.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Kerja akan lebih mahal apabila memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, melainkan lazimnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa cara kerja umumnya lebih pesat diperbandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset merupakan cara percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa cara kerja lebih lama diperbandingkan percetakan digital.

E. Sebagian yang memberi pengaruh tarif cetak poster

Beberapa faktor yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama