Jasa Poster Tercepat di Magelang

Poster ialah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk menyajikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.

Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menerapkan poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tak cuma terdiri dari satu macam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan mengaplikasikan bermacam-macam jenis bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam memutuskan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berbagai ukuran kertas yang berjenis-jenis, tetapi yang lazimnya diterapkan antara lain merupakan sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diterapkan untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang umumnya memakai sebagian variasi kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh berbagai elemen, adalah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster tersebut.

Contohnya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang digunakan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.

Saat masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster memiliki kegunaan yang benar-benar bermacam-macam dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran info, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian teladan kegunaan poster adalah sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat

metode-desain-poster

Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan cara kerjanya wajib sungguh-sungguh dipandang dan tidak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, target audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan kesudahannya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster

Tahapan pertama yakni mendesain poster, yang bisa Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami memberi anjuran menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih cocok dengan warna yang terlihat di layar komputer atau notebook Anda.

Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak keperluan
Bila desain poster yang telah anda buat

Dunia Anda masih linglung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Semestinya Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti

Semestinya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan kepada target audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih terkait dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang dipakai, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna dikala mendesain poster lazimnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin sasaran audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Sepatutnya selanjutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap

Desain sederhana dan minimalis pun dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini wajib dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Jika Ukuran

Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk pelbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang digunakan.
8. Tips Audiens

Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima pelbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Sebagian desain poster selesai diciptakan, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.

Sebagian hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang lazimnya dilakukan yakni sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada sebagian tempat percetakan biasanya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, merupakan vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan diaplikasikan merupakan mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pengerjaan progres yang kencang.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain yakni sebagai berikut:

Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Cara akan lebih mahal apabila memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, namun biasanya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian pelaksanaan biasanya lebih pesat dibandingi offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset yakni metode percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah jikalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama dibandingi percetakan digital.

E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster

Sebagian unsur yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama