Jasa Poster Terbaik di Minahasa

Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga yakni salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.

Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan kiat desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menggunakan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diwujudkan menerapkan bermacam variasi bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang berbagai, tapi yang biasanya diaplikasikan antara lain ialah sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang digunakan untuk poster akan amat tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang lazimnya menerapkan beberapa jenis kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh berjenis-jenis elemen, yakni lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.

Misalnya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang dipakai sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali dibuat pada tahun 1700an yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Saat masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang amat pelbagai dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah digunakan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian figur kegunaan poster ialah sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Tepat

sistem-desain-poster

Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya harus sangat dilihat dan tak cuma dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta pas target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tapi akibatnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster

Jenjang pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami memberi rekomendasi menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih sesuai dengan warna yang menonjol di layar komputer atau komputer jinjing Anda.

Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas keperluan
Sekiranya desain poster yang sudah anda buat

Online Anda masih linglung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti

Harus pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang diaplikasikan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna saat mendesain poster umumnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Semestinya berikutnya merupakan membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap

Desain simpel dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini wajib dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Jikalau Ukuran

Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens

Semestinya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berjenis-jenis kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Beberapa desain poster selesai dihasilkan, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu dilihat pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dijalankan merupakan sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital

Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan diaplikasikan adalah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pengerjaan proses yang cepat.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain yaitu sebagai berikut:

Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal jikalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi lazimnya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa progres lazimnya lebih kencang dibandingi offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset adalah cara percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian pelaksanaan lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.

E. Sebagian yang memberi pengaruh biaya cetak poster

Sebagian elemen yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:

Tips bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan spot UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama