Jasa Poster Tercepat di Buntok

Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak dibuat oleh banyak orang.

Berikut akan dibuktikan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tidak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dihasilkan menerapkan bermacam-macam tipe bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam-macam ukuran kertas yang bermacam-macam, tapi yang umumnya dipakai antara lain adalah sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang digunakan untuk poster akan sangat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang lazimnya mengaplikasikan sebagian ragam kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh bermacam unsur, yakni lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.

Umpamanya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dibuat pada tahun 1700an yang umumnya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Ketika masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang betul-betul berjenis-jenis dan untuk beraneka tujuan, serta telah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Beberapa figur kegunaan poster yaitu sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif

cara-desain-poster

Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan cara kerjanya patut betul-betul dilihat dan tidak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta pas target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya namun walhasil konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster

Jenjang pertama yaitu mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami menyarankan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih sesuai dengan warna yang kelihatan di layar komputer atau komputer jinjing Anda.

Metode Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai keperluan
Apabila desain poster yang telah anda buat

Dunia Anda masih kebingungan dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah sesuai kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti

Sepatutnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang diaplikasikan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dipandang supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna ketika mendesain poster lazimnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Sepatutnya berikutnya ialah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap

Desain sederhana dan minimalis malah bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran

Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang dipakai.
8. Tips Audiens

Mesti terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan peluang ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima berbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Sebagian desain poster selesai diciptakan, berikutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu dipandang pada ketika akan mencetak poster yang umumnya dilaksanakan yakni sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada sebagian daerah percetakan umumnya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Digital vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yaitu vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan dipakai yakni mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses proses yang kencang.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi digital ini antara lain ialah sebagai berikut:

Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal seandainya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, namun umumnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian pengerjaan biasanya lebih pesat diperbandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset adalah metode percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain ialah sebagai berikut:

Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah jika mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Biasanya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.

E. Sebagian yang memberi pengaruh biaya cetak poster

Sebagian elemen yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama