Poster ialah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga merupakan salah satu produk percetakan yang banyak diciptakan oleh banyak orang.
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi memakai poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu macam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat diciptakan menggunakan bermacam-macam jenis bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memutuskan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam-macam ukuran kertas yang pelbagai, tetapi yang lazimnya digunakan antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan amat tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang lazimnya menggunakan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beraneka unsur, yaitu lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster tersebut.
Seumpama Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang dipakai sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang lazimnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, terutama perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang benar-benar pelbagai dan untuk bermacam tujuan, serta telah diaplikasikan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa model kegunaan poster ialah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
sistem-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan cara kerjanya semestinya amat dilihat dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, sasaran audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membikin poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi alhasil tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama adalah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih layak dengan warna yang nampak di layar komputer atau laptop Anda.
Metode Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas keperluan
Jikalau desain poster yang sudah anda buat
Internet Anda masih kebingungan dalam memastikan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah pantas kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Harus Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti
Patut pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang dipakai, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diamati agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib berikutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis malah bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini wajib dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten jelas terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Harus terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan pelbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dihasilkan, berikutnya yaitu menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dilaksanakan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa tempat percetakan lazimnya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, ialah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan dipakai yaitu mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses proses yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam digital ini antara lain ialah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Proses akan lebih mahal apabila memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan biasanya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian pelaksanaan lazimnya lebih cepat diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah cara percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian cara kerja lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Sebagian yang mempengaruhi tarif cetak poster
Beberapa elemen yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan spot UV atau emboss)
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi memakai poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu macam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat diciptakan menggunakan bermacam-macam jenis bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memutuskan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam-macam ukuran kertas yang pelbagai, tetapi yang lazimnya digunakan antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan amat tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang lazimnya menggunakan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beraneka unsur, yaitu lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster tersebut.
Seumpama Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang dipakai sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang lazimnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, terutama perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang benar-benar pelbagai dan untuk bermacam tujuan, serta telah diaplikasikan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa model kegunaan poster ialah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
sistem-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan cara kerjanya semestinya amat dilihat dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, sasaran audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membikin poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi alhasil tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama adalah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih layak dengan warna yang nampak di layar komputer atau laptop Anda.
Metode Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas keperluan
Jikalau desain poster yang sudah anda buat
Internet Anda masih kebingungan dalam memastikan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah pantas kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Harus Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti
Patut pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang dipakai, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diamati agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib berikutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis malah bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini wajib dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten jelas terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Harus terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan pelbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dihasilkan, berikutnya yaitu menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dilaksanakan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa tempat percetakan lazimnya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, ialah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan dipakai yaitu mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses proses yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam digital ini antara lain ialah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Proses akan lebih mahal apabila memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan biasanya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian pelaksanaan lazimnya lebih cepat diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah cara percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian cara kerja lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Sebagian yang mempengaruhi tarif cetak poster
Beberapa elemen yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan spot UV atau emboss)