Jasa Poster Terbaik di Kembangan

Poster merupakan satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.

Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menggunakan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya diterapkan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tak hanya terdiri dari satu ragam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dihasilkan memakai berbagai ragam bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang pelbagai, namun yang biasanya diterapkan antara lain ialah sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang dipakai untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang lazimnya menerapkan sebagian jenis kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh berbagai faktor, adalah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster tersebut.

Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang lazimnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.

Saat masa perang, terpenting perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang amat bermacam-macam dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian figur kegunaan poster merupakan sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif

cara-desain-poster

Dalam membikin poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan cara kerjanya harus betul-betul dilihat dan tidak cuma dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, target audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta pas target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya melainkan akibatnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster

Jenjang pertama yaitu mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami menganjurkan menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih pantas dengan warna yang kelihatan di layar komputer atau komputer jinjing Anda.

Metode Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai keperluan
Bila desain poster yang sudah anda buat

Internet Anda masih linglung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti

Mesti pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih terkait dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang digunakan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Harus berikutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap

Desain simpel dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Kalau Ukuran

Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berjenis-jenis ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens

Harus terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk menerima bermacam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Sebagian desain poster selesai dibuat, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.

Sebagian hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang umumnya dilaksanakan yaitu sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada sebagian tempat percetakan lazimnya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan diterapkan merupakan mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan progres pengerjaan yang pesat.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain yakni sebagai berikut:

Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Cara akan lebih mahal apabila memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tapi umumnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian proses umumnya lebih pesat dibandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset yaitu sistem percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:

Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama dibandingkan percetakan digital.

E. Sebagian yang memberi pengaruh tarif cetak poster

Sebagian elemen yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:

Tips bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan titik UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama