Poster yaitu satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk menyajikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga yakni salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.
Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dijadikan menggunakan pelbagai jenis bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berbagai ukuran kertas yang berjenis-jenis, tapi yang biasanya digunakan antara lain merupakan sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan sangat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya menerapkan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh berjenis-jenis unsur, yaitu lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster tersebut.
Misalnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, khususnya perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat berbagai dan untuk bermacam-macam tujuan, serta telah diterapkan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian figur kegunaan poster merupakan sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pengerjaannya sepatutnya sangat dipandang dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun hasilnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama yaitu mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami menganjurkan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih layak dengan warna yang terlihat di layar komputer atau notebook Anda.
Cara Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Sekiranya desain poster yang telah anda buat
Online Anda masih kebingungan dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah sesuai keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Seharusnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan kepada target audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang digunakan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster biasanya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat sasaran audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Semestinya berikutnya yaitu membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap
Desain simpel dan minimalis pun bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Semestinya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima berjenis-jenis tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diciptakan, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu dilihat pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan yakni sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada beberapa tempat percetakan umumnya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diterapkan yaitu mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan progres cara kerja yang cepat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam komputerisasi ini antara lain ialah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Pengerjaan akan lebih mahal sekiranya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi umumnya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian progres umumnya lebih pesat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yakni sistem percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang mempengaruhi tarif cetak poster
Beberapa elemen yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)
Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dijadikan menggunakan pelbagai jenis bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berbagai ukuran kertas yang berjenis-jenis, tapi yang biasanya digunakan antara lain merupakan sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan sangat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya menerapkan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh berjenis-jenis unsur, yaitu lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster tersebut.
Misalnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, khususnya perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat berbagai dan untuk bermacam-macam tujuan, serta telah diterapkan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian figur kegunaan poster merupakan sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pengerjaannya sepatutnya sangat dipandang dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun hasilnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama yaitu mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami menganjurkan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih layak dengan warna yang terlihat di layar komputer atau notebook Anda.
Cara Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Sekiranya desain poster yang telah anda buat
Online Anda masih kebingungan dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah sesuai keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Seharusnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan kepada target audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang digunakan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster biasanya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat sasaran audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Semestinya berikutnya yaitu membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap
Desain simpel dan minimalis pun bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Semestinya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima berjenis-jenis tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diciptakan, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu dilihat pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan yakni sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada beberapa tempat percetakan umumnya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diterapkan yaitu mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan progres cara kerja yang cepat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam komputerisasi ini antara lain ialah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Pengerjaan akan lebih mahal sekiranya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi umumnya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian progres umumnya lebih pesat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yakni sistem percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang mempengaruhi tarif cetak poster
Beberapa elemen yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)