Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga yaitu salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menggunakan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya dipakai untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu macam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diciptakan mengaplikasikan pelbagai ragam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memastikan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam ukuran kertas yang berjenis-jenis, melainkan yang biasanya dipakai antara lain ialah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan betul-betul tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang lazimnya menerapkan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh berjenis-jenis elemen, yaitu lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.
Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang biasanya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, khususnya perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sungguh-sungguh berjenis-jenis dan untuk bermacam tujuan, serta telah dipakai sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian model kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
metode-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan progresnya seharusnya sangat diperhatikan dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, target audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun walhasil konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama adalah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi saran menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih sesuai dengan warna yang nampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai keperluan
Jika desain poster yang sudah anda buat
Online Anda masih bingung dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Sepatutnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan tips sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster lazimnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib selanjutnya yakni membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti mesti penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diaplikasikan.
8. Kiat Audiens
Seharusnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan beraneka tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dihasilkan, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan adalah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada beberapa tempat percetakan umumnya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yakni vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan digunakan merupakan mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses cara kerja yang cepat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Cara akan lebih mahal apabila memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tapi umumnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian progres lazimnya lebih cepat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset ialah sistem percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain yakni sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Biasanya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian proses lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Sebagian elemen yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan titik UV atau emboss)
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menggunakan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya dipakai untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu macam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diciptakan mengaplikasikan pelbagai ragam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memastikan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam ukuran kertas yang berjenis-jenis, melainkan yang biasanya dipakai antara lain ialah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan betul-betul tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang lazimnya menerapkan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh berjenis-jenis elemen, yaitu lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.
Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang biasanya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, khususnya perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sungguh-sungguh berjenis-jenis dan untuk bermacam tujuan, serta telah dipakai sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian model kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
metode-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan progresnya seharusnya sangat diperhatikan dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, target audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun walhasil konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama adalah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi saran menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih sesuai dengan warna yang nampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai keperluan
Jika desain poster yang sudah anda buat
Online Anda masih bingung dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Sepatutnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan tips sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster lazimnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib selanjutnya yakni membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti mesti penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diaplikasikan.
8. Kiat Audiens
Seharusnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan beraneka tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dihasilkan, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan adalah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada beberapa tempat percetakan umumnya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yakni vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan digunakan merupakan mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses cara kerja yang cepat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Cara akan lebih mahal apabila memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tapi umumnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian progres lazimnya lebih cepat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset ialah sistem percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain yakni sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Biasanya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian proses lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Sebagian elemen yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan titik UV atau emboss)