Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga yakni salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan tips desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga kiat-tips promosi mengaplikasikan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya dipakai untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dijadikan menggunakan pelbagai ragam bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang pelbagai, tapi yang lazimnya digunakan antara lain ialah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang lazimnya mengaplikasikan beberapa variasi kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beraneka unsur, yaitu lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.
Seumpama Anda akan memasang poster pada halte bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang umumnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terutama perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sungguh-sungguh beragam dan untuk berbagai tujuan, serta telah diterapkan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian figur kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan cara kerjanya patut betul-betul diamati dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta pas target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tetapi alhasil tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami menganjurkan menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih pantas dengan warna yang tampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Metode Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok keperluan
Sekiranya desain poster yang sudah anda buat
Maya Anda masih bingung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah cocok kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Mesti Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Mesti pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat sasaran audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Mesti berikutnya merupakan membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap
Desain sederhana dan minimalis bahkan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini mesti dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens
Mesti terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan bermacam-macam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dihasilkan, berikutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang umumnya dikerjakan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa daerah percetakan lazimnya akan lebih murah jikalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yakni vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan diterapkan merupakan mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan cara kerja pengerjaan yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe komputerisasi ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Pengerjaan akan lebih mahal jikalau membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, melainkan biasanya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian pengerjaan biasanya lebih pesat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan metode percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Sebagian faktor yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan titik UV atau emboss)
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan tips desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga kiat-tips promosi mengaplikasikan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya dipakai untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dijadikan menggunakan pelbagai ragam bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang pelbagai, tapi yang lazimnya digunakan antara lain ialah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang lazimnya mengaplikasikan beberapa variasi kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beraneka unsur, yaitu lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.
Seumpama Anda akan memasang poster pada halte bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang umumnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terutama perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sungguh-sungguh beragam dan untuk berbagai tujuan, serta telah diterapkan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian figur kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan cara kerjanya patut betul-betul diamati dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta pas target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tetapi alhasil tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami menganjurkan menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih pantas dengan warna yang tampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Metode Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok keperluan
Sekiranya desain poster yang sudah anda buat
Maya Anda masih bingung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah cocok kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Mesti Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Mesti pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat sasaran audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Mesti berikutnya merupakan membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap
Desain sederhana dan minimalis bahkan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini mesti dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens
Mesti terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan bermacam-macam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dihasilkan, berikutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang umumnya dikerjakan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa daerah percetakan lazimnya akan lebih murah jikalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yakni vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan diterapkan merupakan mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan cara kerja pengerjaan yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe komputerisasi ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Pengerjaan akan lebih mahal jikalau membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, melainkan biasanya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian pengerjaan biasanya lebih pesat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan metode percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Sebagian faktor yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan titik UV atau emboss)