Jasa Poster Terbaik di Hulu Sungai Tengah

Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk mempersembahkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga yaitu salah satu produk percetakan yang banyak diciptakan oleh banyak orang.

Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tak hanya terdiri dari satu tipe saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diwujudkan mengaplikasikan bermacam-macam tipe bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam memutuskan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang berjenis-jenis, melainkan yang biasanya digunakan antara lain ialah sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan betul-betul tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menggunakan sebagian macam kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh bermacam elemen, yakni lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster tersebut.

Misalnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Ketika masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster memiliki kegunaan yang benar-benar pelbagai dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta sudah dipakai semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Beberapa model kegunaan poster yaitu sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran

sistem-desain-poster

Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan cara kerjanya seharusnya betul-betul dipandang dan tidak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta pas sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tetapi hasilnya tetap optimal.
A. Mendesain Poster

Tahapan pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.

Kami merekomendasikan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih layak dengan warna yang menonjol di layar komputer atau komputer jinjing Anda.

Metode Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Seandainya desain poster yang sudah anda buat

Online Anda masih keder dalam memastikan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Harus Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti

Wajib pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster

Masih terkait dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dipandang agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna ketika mendesain poster lazimnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi terkenal dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Harus berikutnya yaitu membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap

Desain sederhana dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini wajib dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Apabila Ukuran

Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang dipakai.
8. Tips Audiens

Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima bermacam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Beberapa desain poster selesai dihasilkan, berikutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dikerjakan ialah sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada sebagian tempat percetakan umumnya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, ialah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan diterapkan yaitu mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan proses pelaksanaan yang pesat.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe digital ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Proses akan lebih mahal jika membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tapi umumnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian pengerjaan biasanya lebih pesat diperbandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset yakni cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain ialah sebagai berikut:

Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian pengerjaan lebih lama dibandingi percetakan digital.

E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster

Beberapa elemen yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian spot UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama