JENIS-JENIS HEWAN PELIHARAAAN

Berikut adalah jenis-jenis hewan yang dianggap kebanyakan orang lebih dari sekedar peliharaan saja. Hewan-hewan tersebut adalah sahabat sejati manusia yang mana bisa membuat kehidupan mereka lebih berwarna dan lebih bahagia saat bersamanya.

1. Kucing – Hewan Peliharaan Paling Setia Manusia

hewan peliharaan
pixabay.com
Makhluk hidup yang satu ini merupakan salah satu jenis hewan yang paling banyak dipelihara di dunia. Jenis kucing pun sangat beragam dan tersebar luas hingga seluruh dunia. Kenali Jenis Kucing Termahal Di dunia
Dikatakan bahwa kucing sendiri sudah berbaur di kehidupan manusia sejak 6.000 tahun SM. Orang Mesir Kuno bahkan sejak 3.500 SM sudah memelihara kucing untuk dijadikan pembasmi hama berupa tikus atau hewan pengerat lain yang merusak lumbung padi mereka.
Dari semua jenis kucing, ada yang endemik atau hanya ada di daerah tertentu saja seperti Raas (asli Indonesia) dan ada yang sudah bercampur dengan jenis kucing lain dan menghasilkan jenis kucing baru. Jenis kucing yang tercatat secara resmi hingga saat ini sebagai kucing ‘murni’ adalah seperti Siam, Manx, dan Sphinx.
Kucing-kucing dengan trah atau galur murni tersebut biasanya dikembangbiakkan di sebuah tempat pemeliharaan hewan resmi. Total jumlah kucing ras yang terdapat di seluruh dunia hanyalah 1%, sedangkan sisanya merupakan kucing keturunan campuran.
Ada juga jenis kucing ras lain, sebut saja jenis kucing Persia dan Angora (Anggora). Kedua jenis kucing itu memang berasal dari daerah yang mana dipakai untuk menyebut kucing tersebut. Masih banyak jenis kucing lain seperti, Birman, Ceylon, Tiffanie, Bengal, atau Bambino.
Masing-masing dari jenis kucing tersebut tentu memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Tak jarang, seseorang bahkan rela menghabiskan hidup dan uangnya untuk menikmati keindahan, kelucuan dan kecantikan seekor kucing.

2. Anjing – Bukan Hanya Sekedar Hewan Peliharaan, Mereka Spesial

hewan peliharaanpixabay.com
Sama halnya dengannya kucing, anjing juga merupakan salah satu jenis hewan yang banyak dirawat manusia untuk dijadikan peliharaan. Dengan keunikan dan kelucuan yang tidak kalah dengan kucing, anjing bahkan dianggap sebagai sahabat sejati manusia.
Terdapat banyak jenis anjing di dunia, seperti Bulldog, Peking, Herder, Pomeranian, Poodle, Mini Pincher, Papillon, Rootwieler, Chihuahua, dan lain sebagainya. Setiap orang mempunyai pertimbangan sendiri untuk memelihara satu atau lebih jenis anjing dalam satu waktu.
Lalu timbul sebuah pertanyaan, manakah di antara anjing dan kucing yang banyak dipelihara oleh manusia? Tidak ada data pasti mengenai hal tersebut. Sebagian orang menyatakan anjing dan sebagian lainnya menyatakan kucing.
Namun, yang jelas masing-masing daerah dan wilayah berbeda-beda ketika membahas kedua jenis hewan peliharaan ini. Di Eropa, orang lebih memilih anjing daripada kucing sedangkan di Asia terutama Indonesia orang lebih menyukai memelihara kucing daripada anjing.

3. Kelinci – Lucu, Imut, dan Menggemaskan

hewan peliharaan
pixabay.com
Mungkin karena hewan ini hampir mirip dengan kedua jenis hewan di atas dengan bulunya yang unik, menggelikan, dan lucu maka banyak orang yang menjadikan sebagai hewan peliharaan.
Menurut beberapa catatan sejarah, penyebutan kelinci berasal dari kata Belanda ‘konijntje‘ yang berarti anak kelinci. Warga negara Belanda lah yang dikabarkan berperan penting tentang bagaimana kelinci bisa masuk ke tanah air.
Pada masa pendudukan dulu, orang-orang Belanda sering membawa hewan lucu ini sebagai peliharaannya dari Eropa. Beberapa jenis kelinci yang populer dijadikan hewan peliharaan adalah seperti kelinci Anggora, kelinci Belanda, dan kelinci Himalaya. Masih ada beberapa jenis kelinci lain yang juga tidak kalah terkenal.
Kelinci Dutch/Belanda merupakan jenis kelinci yang paling banyak peminatnya di Indonesia, baik oleh para pecinta hewan peliharaan atau para peternak. Para peternak memilih membudidayakan jenis ini karena kelinci ini mampu melahirkan anak antara 7-8 ekor.
Dari sisi harga pun, kelinci Belanda dengan umur 1-3 bulan dihargai antara 50 ribu hingga 200 ribu rupiah, sedangkan untuk umur di atas 3 bulan antara 200 ribu hingga 2 juta rupiah.
Biasanya, anak-anak kecil sangat suka bermain dengan kelinci karena lebih ramah, lucu dan juga menggemaskan.
Bagi orang-orang yang suka memelihara hewan ini dan bahkan sudah menjadi hobi, mereka rela menghabiskan jutaan rupiah untuk merawat kelinci peliharaan mereka.
Hal yang perlu diperhatikan saat merawat hewan peliharaan imut ini adalah pertama dari kandang. Usahakan penempatan kandang jauh dari hiruk pikuk. Kemudian dari pakan yang sesuai dan waktu pemberian yang tepat.

4. Ikan – Hewan Peliharaan Bercorak Indah

cara merawat ikan cupan aduan
www.infoseputarcupang.com
Ukurannya yang kecil dan beragam jenisnya membuat hewan peliharaan ini bahkan dipelihara tidak dalam jumlah satu atau dua ekor saja tapi puluhan hingga ratusan ekor. Dari ratusan ekor tersebut kadang terdiri dari puluhan jenis ikan yang berbeda-beda.
Secara umum, orang menyebut jenis-jenis ikan berpenampilan indah dan cantik tersebut dengan sebutan ikan hias. Ada banyak jenis ikan hias di antaranya, ikan koi, ikan mas, cupang, dan lain sebagainya.
Namun, yang paling sering dijadikan hewan peliharaan yaitu jenis ikan koi dan ikan mas. Sebagian orang juga memelihara ikan cupang karena bentuk dan penampilannya yang sangat unik.

5. Ayam – Tidak Hanya Diternakkan, Tapi Juga Dijadikan Peliharaan

hewan peliharaan
pixabay.com
Unggas berikut ini sebenarnya banyak dipelihara dalam kuantitas yang sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia. Oleh karena itu, mayoritas orang mengenal ayam sebagai hewan ternak bukan sebagai hewan peliharaan.
Namun demikian, banyak masyarakat terutama di Indonesia yang merawat ayam di rumah masing-masing dengan jumlah yang sedikit yakni antara satu sampai tiga ekor.
Ayam tersebut biasanya merupakan ayam jago yang mana sering dijadikan sebagai bahan aduan ketika ada lomba laga khusus ayam jago. Secara spesifik, jenis ayam tersebut adalah ayam ras seperti Bekisar, Bangkok, Vietnam dan lain sebagainya.

Lebih baru Lebih lama