5 Rumah Adat Jawa Tengah Beserta Gambar

Rumah Adat Jawa Tengah

Indonesia adalah satu diantara negara yang mempunyai banyak kebudayaan serta kebiasaan Istiadat, bahkan juga tiap-tiap daerah atau pulau di indonesia mempunyai kesenian serta kebudayaan leluhur yang berlainan. ketidaksamaan ini menyebabkan ada ketidaksamaan pada bentuk tempat tinggal Kebiasaan pada yang satu dengan yang lain contoh nya tempat tinggal Kebiasaan pada artikel terlebih dulu Adat-budaya sudah berkunjung ke banyak daerah/Propinsi salah satunya yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Aceh, Papua, serta Bali.

Sesuai sama namanya, Propinsi Jawa Tengah ada dibagian tengah Pulau Jawa dengan Semarang jadi Ibukotanya. Propinsi Jawa Tengah bersebelahan dengan Propinsi Jawa Barat di samping barat, sedang samping selatan bersebelahan dengan Samudra Hindia serta Daerah Istimewa Yogyakarta, lantas disamping timur bersebelahan dengan Jawa Timur, serta di samping utara bersebelahan dengan Laut Jawa. Diluar itu Propinsi Jawa Tengah juga meliputi Pulau Nusakambangan di samping selatan dan Kepulauan Karimun Jawa di Laut Jawa.


Mendengar kalimat tempat tinggal kebiasaan Jawa Tengah, yang terlintas pertama kalinya pastinya tempat tinggal joglo. Hal semacam ini karena tempat tinggal joglo telah jadi jati diri maupun keunikan dari tempat tinggal kebiasaan Jawa Tengah bahkan juga sampai Jawa Timur serta Yogyakarta. Walau demikian, terkecuali tempat tinggal Joglo ada juga tempat tinggal kebiasaan yang lain yang ada di Jawa Tengah yang memiliki bentuk tidak kalah menarik serta bersejarah.

Pada saat ini kita juga akan terbang ke Propinsi Jawa Tengah serta juga akan sedikit mengulas mengenai Beberapa nama Tempat tinggal Kebiasaan Jawa Tengah bersama penjelasan nya, hal semacam ini dilihat perlu karna pada sekarang ini Tempat tinggal kebiasaan Jateng ini telah mulai tidak sering diketemukan karna orang lebih pilih tempat tinggal dengan bentuk Moderen hingga dengan Artikel ini mudah-mudahan bisa menolong serta memberi pengetahuan mengenai Seperti Mana Bentuk serta beberapa nama Rumah adat Jawa Tengah yang ada, Beberapa nama rumah adat jawa Tenagah Itu yaitu seperti berikut :

Rumah Adat Joglo


Rumah Adat Joglo merupakan Nama Rumah Adat yang sangat Familiar di telinga kita karena diantara Rumah Adat Jawa Tengah lain nya Rumah joglo ini paling banyak di temukan di daerah Jawa Tengah, bahakan sampai saat ini pun Rumah adat Joglo ini masih dapat kita temukan,Ciri Khasa dari Rumah Adat Jawa Tengah yang satu ini adalah rumah ini memiliki teras yang luas tanpa sekat, tujuan dari teras yang luas ini memiliki fungsi sebagai tempat penyelenggaraan acara keluarga dan hiburan dari si pemilik rumah, misalnya untuk mengadakan Pernikahan, Hajatan, Pagelaran Wayang dan Acara-acara Adat lainnya.

Di bagian depan, bentuk nya yang berupa persegi panjang dan memiliki pintu yang terletak tepat di bagian tengah, konon kata nya rumah joglo ini digunakan oleh orang yang kaya, sehingga dengan membangun rumah Adat Joglo ini akan melambangkan tingkat Kesejahteraan sebuah keluarga sehingga dahulu rumah ini hanya di miliki oleh orang yang kaya raya, Rumah Adat Jawa Tengah ini memiliki empat tiang utama yang terletak di bagian tengah nya, empat tiang tersebut di sebut sebagai Saka Guru.

Rumah Joglo

Di masa lalu, rumah joglo melambangkan kekayaan pemiliknya. Tak heran karena rumah ini hanya dimiliki oleh orang-orang kelas atas pada masanya. Rumah joglo memiliki empat tiang utama di tengah-tengah. Tiang itu disebut dengan istilah saka guru. Teras depan yang luas berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan acara dari si pemilik rumah. Misalnya pagelaran wayang, pernikahan, hajatan, tempat pertemuan, dan kantor.


Rumah Adat Panggang Pe


Rumah adat Panggang PE, pasti rumah adat Jawa Tengah yang satu ini masih sangat asing di telinga kita, panggang pe ini merupakan Rumah Adat Jawa Tengah yang memiliki empat atau enam tiang, dengan separuh tiang yang berada di depan sengaja dibuat lebih pendek dari tiang di bagian belakang, menurut cerita pada zaman dahulu Rumah PE ini banyak di pergunakan orang sebagai tempat tinggal sekaligus tempat untuk berjualan (Warung/Kios), dan Rumah Penggang PE ini terdiri dari beberapa macam diantaranya adalah Panggang Pe Gedhang Salirang, Empyak Setangkep, Gedhang Setangkep, Cere Gancet, Trajumas, dean barengan.

Tipe Rumah Panggang Pe tersebut memiliki kesamaan yaitu ketiganya terdiri dari dua rumah Panggang PE yang disatukan, Tipe tarajumas adalah Panggang Pe yang mempunyai enam tiang penyangga. sedangkan tipe barengan merupakan dua atau lebih panggang Pe yang berderet-deret.

 
Rumah Adat Tajug


 Rumah Tajug, rumah adat ini memiliki fungsi sebagai tempat ibadah dan tampat-tempat suci lainnya, akan tetapi Orang biasa tidak diperbolehkan untuk membangun rumah Adat tipe Tajug ini karena, rumah tipe tajug ini krena Rumah Adat Tajug ini termasuk bangunan yang disucikan dan hanya di perbolehkan dibangun oleh orang-orang tertentu.

Adapun ciri dari rumah jenis tajug ini adalah memiliki atap yang bentuknya runcing bentuknya bujunr sangkar, Rumah Adat tajug ini memiliki kurang lebih sekitar 13 tipe diantaranya adalah Towan Boni, Masjid dan Cungkup, Semar Sinongsong, Lambang sari, Mangkurat, Ceblokan,semartinandu dan masih ada lagi yang lainnya yang belum berhasil kami kumpulkan dan salah satu bangunan Tajug yang saat ini masih digunakan adalah Masjid Agung Demak di Kabupaten Demak.



 Rumah Adat kampung


Rumah adat Jawa Tengah lainnya adalah Rumah Adat kampung, rumah adat Jawa Tengah yang satu ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan Rumah Panggang PE yang disatukan, salah satu ciri dari rumah Adat kampung ini adalah memiliki dua terah yaitu di depan dan dibagian belakang, dan ciri lainnya adalah rumah adat Jawa Tengah yang satu ini memiliki jumlah tiang dengan kelipatan 4 dan dimulai dari jumlah tiang 8 buah, sehingga jumlah tiang yang ada di rumah ini dapat berjumlah 4, 8, 12, 16 dst.

Seperti jenis rumah lainnya Rumah Adat Kampung ini memiliki beberapa jenis dan tipe salah satunya adalah Kampung Pokok, Pacul Gowang, Dara Gepak, Gajah Ngombe, Apitan, dll. Rumah kampung merupakan jenis rumah yang banyak dimiliki oleh kalangan masyarakat menengah kebawah sehingga jenis rumah ini sangat banyak untuk ditemukan.

Rumah Adat Limasan



Rumah Adat Limasan Merupakan Rumah Adat Jawa Tengah yang memiliki bentuk atap berbentuk Limas, sehingga rumah adat yang satu ini dinamakan rumah adat limas, Atap rumah Adat Limasan ini memiliki empat sisi, jenis rumah adat Limasan ini banyak kita jumpai di daerah Jawa, seperti Kampung, karena Rumah Adat limas ini banyak di miliki dan di huni oleh masyarakat biasa. Rumah limas ini terbagi kedalam beberapa tipe diantaranya adalah Limasan Lawakan, Gajah Njerum, Gajah Mungkur, Klabang Nyander, Semar Pindohong, lambang sari dan masih banyak lagi jenis-jenis rumah limasan lainnya.

sumber :

 http://strength45.blogspot.co.id/2017/01/5-rumah-adat-jawa-tengah.html
http://www.adatradisi.xyz/2016/11/nama-nama-rumah-adat-jawa-tengah.html
Lebih baru Lebih lama