Jasa Poster Terpopuler di Parepare

Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk mempersembahkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.

Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi mengaplikasikan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tak cuma terdiri dari satu tipe saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diciptakan menggunakan beraneka variasi bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam ukuran kertas yang beraneka, tapi yang biasanya digunakan antara lain ialah sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diterapkan untuk poster akan betul-betul tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang biasanya menerapkan beberapa jenis kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beragam unsur, adalah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.

Misalnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dibuat pada tahun 1700an yang biasanya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.

Saat masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster memiliki kegunaan yang sangat bermacam dan untuk bermacam tujuan, serta telah dipakai semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian teladan kegunaan poster yakni sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat

metode-desain-poster

Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan cara kerjanya seharusnya betul-betul dipandang dan tak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membikin poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi walhasil konsisten optimal.
A. Mendesain Poster

Tahapan pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami menganjurkan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih sesuai dengan warna yang kelihatan di layar komputer atau laptop Anda.

Cara Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak keperluan
Sekiranya desain poster yang sudah anda buat

Online Anda masih bingung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Semestinya Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti

Mesti pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih terkait dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang digunakan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dilihat supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna ketika mendesain poster umumnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Patut berikutnya yaitu membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap

Desain sederhana dan minimalis pun dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Jika Ukuran

Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk pelbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang digunakan.
8. Kiat Audiens

Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan pelbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Sebagian desain poster selesai dihasilkan, berikutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.

Sebagian hal yang perlu dipandang pada dikala akan mencetak poster yang umumnya dilaksanakan yaitu sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa tempat percetakan lazimnya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan diterapkan ialah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan cara kerja proses yang cepat.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe digital ini antara lain yaitu sebagai berikut:

Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Kerja akan lebih mahal bila memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan umumnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa progres lazimnya lebih kencang dibandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset yakni cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:

Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah jika mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian cara kerja lebih lama diperbandingkan percetakan komputerisasi.

E. Sebagian yang mempengaruhi biaya cetak poster

Sebagian elemen yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama