Poster yaitu satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan tips desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi memakai poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak hanya terdiri dari satu macam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diciptakan memakai pelbagai variasi bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari pelbagai ukuran kertas yang bermacam-macam, namun yang umumnya diaplikasikan antara lain merupakan sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan betul-betul tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya memakai sebagian jenis kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh bermacam-macam unsur, merupakan lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.
Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang umumnya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang sangat berjenis-jenis dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah diterapkan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa figur kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan progresnya semestinya benar-benar dilihat dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, target audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta pas target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya melainkan akibatnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Tahapan pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi rekomendasi menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih sesuai dengan warna yang nampak di layar komputer atau notebook Anda.
Metode Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas keperluan
Kalau desain poster yang telah anda buat
Internet Anda masih keder dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Mesti Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Semestinya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang diterapkan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin sasaran audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Mesti selanjutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti harus penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis malahan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini semestinya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Kalau Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Tips Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan bermacam-macam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diwujudkan, berikutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah jikalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yakni vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan digunakan yaitu mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan cara kerja progres yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam komputerisasi ini antara lain adalah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Proses akan lebih mahal seandainya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi umumnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa cara kerja lazimnya lebih cepat diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan sistem percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama dibandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang mempengaruhi biaya cetak poster
Beberapa elemen yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan tips desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi memakai poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak hanya terdiri dari satu macam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diciptakan memakai pelbagai variasi bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari pelbagai ukuran kertas yang bermacam-macam, namun yang umumnya diaplikasikan antara lain merupakan sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan betul-betul tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya memakai sebagian jenis kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh bermacam-macam unsur, merupakan lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.
Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang umumnya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang sangat berjenis-jenis dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah diterapkan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa figur kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan progresnya semestinya benar-benar dilihat dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, target audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta pas target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya melainkan akibatnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Tahapan pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi rekomendasi menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih sesuai dengan warna yang nampak di layar komputer atau notebook Anda.
Metode Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas keperluan
Kalau desain poster yang telah anda buat
Internet Anda masih keder dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Mesti Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Semestinya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang diterapkan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin sasaran audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Mesti selanjutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti harus penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis malahan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini semestinya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Kalau Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Tips Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan bermacam-macam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diwujudkan, berikutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah jikalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yakni vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan digunakan yaitu mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan cara kerja progres yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam komputerisasi ini antara lain adalah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Proses akan lebih mahal seandainya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi umumnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa cara kerja lazimnya lebih cepat diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan sistem percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama dibandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang mempengaruhi biaya cetak poster
Beberapa elemen yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)