Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk memperkenalkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.
Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan kiat desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi memakai poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu ragam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan menggunakan pelbagai tipe bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memastikan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beragam ukuran kertas yang berbagai, melainkan yang umumnya diaplikasikan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan benar-benar tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya mengaplikasikan sebagian jenis kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh bermacam elemen, ialah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster hal yang demikian.
Contohnya Anda akan memasang poster pada halte bus yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang betul-betul berjenis-jenis dan untuk bermacam tujuan, serta telah diterapkan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa model kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif
sistem-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan progresnya seharusnya sangat diperhatikan dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya melainkan hasilnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami merekomendasikan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih layak dengan warna yang tampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Cara Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Jika desain poster yang sudah anda buat
Internet Anda masih kebingungan dalam menentukan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah cocok kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Mesti Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Mesti pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang digunakan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diamati agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster umumnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib selanjutnya adalah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain simpel dan minimalis malah bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini mesti dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Apabila Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang dipakai.
8. Tips Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan pelbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diciptakan, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dipandang pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dilaksanakan yaitu sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah jikalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, merupakan vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diterapkan ialah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pengerjaan pengerjaan yang cepat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal jikalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tapi biasanya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian proses lazimnya lebih cepat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu sistem percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah jika mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Sebagian yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Beberapa elemen yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)
Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan kiat desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi memakai poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu ragam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan menggunakan pelbagai tipe bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memastikan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beragam ukuran kertas yang berbagai, melainkan yang umumnya diaplikasikan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan benar-benar tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya mengaplikasikan sebagian jenis kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh bermacam elemen, ialah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster hal yang demikian.
Contohnya Anda akan memasang poster pada halte bus yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang betul-betul berjenis-jenis dan untuk bermacam tujuan, serta telah diterapkan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa model kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif
sistem-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan progresnya seharusnya sangat diperhatikan dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya melainkan hasilnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami merekomendasikan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih layak dengan warna yang tampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Cara Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Jika desain poster yang sudah anda buat
Internet Anda masih kebingungan dalam menentukan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah cocok kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Mesti Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Mesti pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang digunakan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diamati agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster umumnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib selanjutnya adalah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain simpel dan minimalis malah bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini mesti dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Apabila Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang dipakai.
8. Tips Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan pelbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diciptakan, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dipandang pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dilaksanakan yaitu sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah jikalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, merupakan vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diterapkan ialah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pengerjaan pengerjaan yang cepat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal jikalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tapi biasanya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian proses lazimnya lebih cepat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu sistem percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah jika mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Sebagian yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Beberapa elemen yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)