Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga merupakan salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.
Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi menerapkan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster merupakan perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu macam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan mengaplikasikan berbagai jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berbagai ukuran kertas yang pelbagai, melainkan yang lazimnya diaplikasikan antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang biasanya memakai beberapa macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beraneka unsur, yaitu lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster tersebut.
Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, khususnya perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sungguh-sungguh berjenis-jenis dan untuk beragam tujuan, serta telah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian contoh kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya semestinya benar-benar diperhatikan dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan hasilnya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih cocok dengan warna yang terlihat di layar komputer atau laptop Anda.
Metode Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok keperluan
Kalau desain poster yang telah anda buat
Internet Anda masih keder dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Semestinya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang digunakan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dipandang agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin sasaran audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Seharusnya selanjutnya ialah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain sederhana dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini harus dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Mesti terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan beragam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diwujudkan, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dipandang pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dilakukan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah jikalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diterapkan ialah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pengerjaan pengerjaan yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam digital ini antara lain ialah sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal jika membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi biasanya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian proses umumnya lebih pesat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu metode percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah jikalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Sebagian faktor yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)
Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi menerapkan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster merupakan perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu macam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan mengaplikasikan berbagai jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berbagai ukuran kertas yang pelbagai, melainkan yang lazimnya diaplikasikan antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang biasanya memakai beberapa macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beraneka unsur, yaitu lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster tersebut.
Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, khususnya perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sungguh-sungguh berjenis-jenis dan untuk beragam tujuan, serta telah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian contoh kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya semestinya benar-benar diperhatikan dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan hasilnya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih cocok dengan warna yang terlihat di layar komputer atau laptop Anda.
Metode Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok keperluan
Kalau desain poster yang telah anda buat
Internet Anda masih keder dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Semestinya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang digunakan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dipandang agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin sasaran audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Seharusnya selanjutnya ialah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain sederhana dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini harus dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Mesti terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan beragam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diwujudkan, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dipandang pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dilakukan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah jikalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diterapkan ialah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pengerjaan pengerjaan yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam digital ini antara lain ialah sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal jika membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi biasanya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian proses umumnya lebih pesat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu metode percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah jikalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Sebagian faktor yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)