Poster merupakan satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak diciptakan oleh banyak orang.
Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi menerapkan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu ragam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat diwujudkan memakai beraneka jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memutuskan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam-macam ukuran kertas yang bermacam, tetapi yang biasanya diaplikasikan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan benar-benar tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menggunakan beberapa macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh pelbagai elemen, merupakan lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.
Misalnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang biasanya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terutama perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat berbagai dan untuk bermacam tujuan, serta telah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa model kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan cara kerjanya seharusnya sangat diamati dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi walhasil konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami menganjurkan menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih cocok dengan warna yang nampak di layar komputer atau notebook Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak kebutuhan
Seandainya desain poster yang sudah anda buat
Internet Anda masih kebingungan dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti
Semestinya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang diaplikasikan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diamati agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster lazimnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat target audiens menjadi tenar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Sepatutnya berikutnya adalah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti seharusnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain simpel dan minimalis pun bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Jikalau Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beraneka ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan beraneka tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai diwujudkan, selanjutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diamati pada saat akan mencetak poster yang umumnya dilakukan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada beberapa tempat percetakan lazimnya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, merupakan vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan digunakan yaitu mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan proses pengerjaan yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain ialah sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Kerja akan lebih mahal jika memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan umumnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian pengerjaan umumnya lebih kencang dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa proses lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang mempengaruhi tarif cetak poster
Sebagian faktor yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)
Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi menerapkan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu ragam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat diwujudkan memakai beraneka jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memutuskan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam-macam ukuran kertas yang bermacam, tetapi yang biasanya diaplikasikan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan benar-benar tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menggunakan beberapa macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh pelbagai elemen, merupakan lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.
Misalnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang biasanya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terutama perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat berbagai dan untuk bermacam tujuan, serta telah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa model kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan cara kerjanya seharusnya sangat diamati dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi walhasil konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami menganjurkan menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih cocok dengan warna yang nampak di layar komputer atau notebook Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak kebutuhan
Seandainya desain poster yang sudah anda buat
Internet Anda masih kebingungan dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti
Semestinya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang diaplikasikan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diamati agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster lazimnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat target audiens menjadi tenar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Sepatutnya berikutnya adalah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti seharusnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain simpel dan minimalis pun bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Jikalau Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beraneka ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan beraneka tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai diwujudkan, selanjutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diamati pada saat akan mencetak poster yang umumnya dilakukan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada beberapa tempat percetakan lazimnya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, merupakan vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan digunakan yaitu mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan proses pengerjaan yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain ialah sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Kerja akan lebih mahal jika memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan umumnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian pengerjaan umumnya lebih kencang dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa proses lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang mempengaruhi tarif cetak poster
Sebagian faktor yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)