Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga yaitu salah satu produk percetakan yang banyak dibuat oleh banyak orang.
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu tipe saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dihasilkan menerapkan beraneka variasi bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memutuskan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berbagai ukuran kertas yang bermacam-macam, tetapi yang biasanya diaplikasikan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya menggunakan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beraneka elemen, merupakan lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster tersebut.
Misalnya Anda akan memasang poster pada halte bus yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang umumnya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang sungguh-sungguh berjenis-jenis dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian contoh kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan cara kerjanya harus sungguh-sungguh dipandang dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membikin poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tapi walhasil konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Tahapan pertama adalah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih sesuai dengan warna yang nampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Cara Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Apabila desain poster yang sudah anda buat
Dunia Anda masih keder dalam menetapkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Wajib pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang diterapkan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dipandang agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin sasaran audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Semestinya berikutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti seharusnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain sederhana dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens
Patut terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan pelbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dihasilkan, selanjutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dikerjakan adalah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada sebagian tempat percetakan lazimnya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan diterapkan yaitu mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan cara kerja cara kerja yang cepat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain ialah sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Cara akan lebih mahal sekiranya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tapi lazimnya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa progres biasanya lebih cepat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu sistem percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa cara kerja lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.
E. Sebagian yang mempengaruhi tarif cetak poster
Beberapa elemen yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan titik UV atau emboss)
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu tipe saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dihasilkan menerapkan beraneka variasi bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memutuskan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berbagai ukuran kertas yang bermacam-macam, tetapi yang biasanya diaplikasikan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya menggunakan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beraneka elemen, merupakan lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster tersebut.
Misalnya Anda akan memasang poster pada halte bus yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang umumnya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang sungguh-sungguh berjenis-jenis dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian contoh kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan cara kerjanya harus sungguh-sungguh dipandang dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membikin poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tapi walhasil konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Tahapan pertama adalah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih sesuai dengan warna yang nampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Cara Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Apabila desain poster yang sudah anda buat
Dunia Anda masih keder dalam menetapkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Wajib pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang diterapkan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dipandang agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin sasaran audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Semestinya berikutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti seharusnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain sederhana dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens
Patut terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan pelbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dihasilkan, selanjutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dikerjakan adalah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada sebagian tempat percetakan lazimnya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan diterapkan yaitu mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan cara kerja cara kerja yang cepat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain ialah sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Cara akan lebih mahal sekiranya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tapi lazimnya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa progres biasanya lebih cepat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu sistem percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa cara kerja lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.
E. Sebagian yang mempengaruhi tarif cetak poster
Beberapa elemen yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan titik UV atau emboss)