Jasa Poster Tercepat di Gianyar

Poster ialah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk mempersembahkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga yakni salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.

Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi mengaplikasikan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tidak cuma terdiri dari satu variasi saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diciptakan menggunakan beraneka ragam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari pelbagai ukuran kertas yang pelbagai, tetapi yang biasanya dipakai antara lain yaitu sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang dipakai untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya memakai sebagian jenis kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh berjenis-jenis elemen, yaitu lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.

Umpamanya Anda akan memasang poster pada halte bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang digunakan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.

Dikala masa perang, khususnya perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang betul-betul beraneka dan untuk berbagai tujuan, serta telah dipakai semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian contoh kegunaan poster merupakan sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif

sistem-desain-poster

Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan progresnya harus sungguh-sungguh dilihat dan tak cuma dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, target audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi kesudahannya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster

Jenjang pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.

Kami memberi rekomendasi memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih layak dengan warna yang nampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.

Cara Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai keperluan
Bila desain poster yang sudah anda buat

Dunia Anda masih kebingungan dalam memutuskan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah sesuai kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Harus Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti

Semestinya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dilihat supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Semestinya selanjutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap

Desain sederhana dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Kalau Ukuran

Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang digunakan.
8. Tips Audiens

Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan peluang minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan berjenis-jenis kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Sebagian desain poster selesai dihasilkan, selanjutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu diamati pada saat akan mencetak poster yang biasanya dijalankan adalah sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada sebagian daerah percetakan umumnya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yakni vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan digunakan yakni mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pelaksanaan pelaksanaan yang pesat.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis komputerisasi ini antara lain ialah sebagai berikut:

Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal kalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, namun biasanya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian proses biasanya lebih pesat diperbandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset yakni metode percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain ialah sebagai berikut:

Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian cara kerja lebih lama dibandingi percetakan digital.

E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster

Sebagian unsur yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:

Tips bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama