Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk mempersembahkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga merupakan salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya dipakai untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diciptakan mengaplikasikan pelbagai ragam bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beragam ukuran kertas yang berjenis-jenis, tapi yang lazimnya dipakai antara lain merupakan sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan betul-betul tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang lazimnya menerapkan beberapa variasi kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh berbagai unsur, yakni lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster hal yang demikian.
Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang umumnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang sungguh-sungguh bermacam-macam dan untuk berbagai tujuan, serta sudah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa figur kegunaan poster merupakan sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan prosesnya seharusnya betul-betul dilihat dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, sasaran audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi hasilnya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Tahapan pertama ialah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami menyarankan menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih cocok dengan warna yang terlihat di layar komputer atau notebook Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Kalau desain poster yang sudah anda buat
Internet Anda masih linglung dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah layak keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Mesti Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Seharusnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster lazimnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Sepatutnya berikutnya adalah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain sederhana dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beraneka ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan pelbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dibuat, berikutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dipandang pada dikala akan mencetak poster yang umumnya dijalankan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada beberapa tempat percetakan biasanya akan lebih murah jika Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan dipakai ialah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan progres pengerjaan yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain adalah sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Proses akan lebih mahal sekiranya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi biasanya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian progres lazimnya lebih cepat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan metode percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama dibandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Sebagian elemen yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan titik UV atau emboss)
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya dipakai untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diciptakan mengaplikasikan pelbagai ragam bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beragam ukuran kertas yang berjenis-jenis, tapi yang lazimnya dipakai antara lain merupakan sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan betul-betul tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang lazimnya menerapkan beberapa variasi kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh berbagai unsur, yakni lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster hal yang demikian.
Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang umumnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang sungguh-sungguh bermacam-macam dan untuk berbagai tujuan, serta sudah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa figur kegunaan poster merupakan sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan prosesnya seharusnya betul-betul dilihat dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, sasaran audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi hasilnya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Tahapan pertama ialah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami menyarankan menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih cocok dengan warna yang terlihat di layar komputer atau notebook Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Kalau desain poster yang sudah anda buat
Internet Anda masih linglung dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah layak keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Mesti Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Seharusnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster lazimnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Sepatutnya berikutnya adalah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain sederhana dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beraneka ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan pelbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dibuat, berikutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dipandang pada dikala akan mencetak poster yang umumnya dijalankan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada beberapa tempat percetakan biasanya akan lebih murah jika Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan dipakai ialah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan progres pengerjaan yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain adalah sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Proses akan lebih mahal sekiranya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi biasanya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian progres lazimnya lebih cepat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan metode percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama dibandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Sebagian elemen yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan titik UV atau emboss)