Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk mempersembahkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga yaitu salah satu produk percetakan yang banyak diciptakan oleh banyak orang.
Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi mengaplikasikan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster merupakan perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu macam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat diwujudkan menerapkan beragam jenis bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memastikan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berbagai ukuran kertas yang beragam, melainkan yang umumnya diaplikasikan antara lain ialah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang umumnya memakai sebagian tipe kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beragam unsur, adalah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster hal yang demikian.
Misalnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat berjenis-jenis dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian figur kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
metode-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan prosesnya semestinya sungguh-sungguh dilihat dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi kesudahannya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami merekomendasikan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih cocok dengan warna yang tampak di layar komputer atau notebook Anda.
Cara Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak kebutuhan
Sekiranya desain poster yang telah anda buat
Internet Anda masih kebingungan dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah sesuai keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Semestinya Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Patut pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster lazimnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Patut selanjutnya yaitu membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap
Desain simpel dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini mesti dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Semestinya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan pelbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diwujudkan, berikutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dilaksanakan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada sebagian tempat percetakan biasanya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, adalah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan digunakan merupakan mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan progres progres yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain adalah sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal sekiranya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, namun lazimnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa pelaksanaan lazimnya lebih kencang diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Sebagian yang mempengaruhi tarif cetak poster
Beberapa unsur yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)
Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi mengaplikasikan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster merupakan perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu macam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat diwujudkan menerapkan beragam jenis bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memastikan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berbagai ukuran kertas yang beragam, melainkan yang umumnya diaplikasikan antara lain ialah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang umumnya memakai sebagian tipe kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beragam unsur, adalah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster hal yang demikian.
Misalnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat berjenis-jenis dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian figur kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
metode-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan prosesnya semestinya sungguh-sungguh dilihat dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi kesudahannya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami merekomendasikan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih cocok dengan warna yang tampak di layar komputer atau notebook Anda.
Cara Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak kebutuhan
Sekiranya desain poster yang telah anda buat
Internet Anda masih kebingungan dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah sesuai keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Semestinya Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Patut pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster lazimnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Patut selanjutnya yaitu membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap
Desain simpel dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini mesti dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Semestinya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan pelbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diwujudkan, berikutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dilaksanakan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada sebagian tempat percetakan biasanya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, adalah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan digunakan merupakan mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan progres progres yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain adalah sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal sekiranya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, namun lazimnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa pelaksanaan lazimnya lebih kencang diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Sebagian yang mempengaruhi tarif cetak poster
Beberapa unsur yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)