Jasa Poster Terbaik di Wakatobi

Poster merupakan satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk mempersembahkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga merupakan salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.

Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menerapkan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan memakai beragam jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam memutuskan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam ukuran kertas yang berjenis-jenis, melainkan yang lazimnya diaplikasikan antara lain ialah sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang digunakan untuk poster akan benar-benar tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang lazimnya memakai beberapa variasi kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh bermacam faktor, ialah lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.

Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang dipakai sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang lazimnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.

Dikala masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang amat bermacam-macam dan untuk bermacam-macam tujuan, serta telah digunakan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Beberapa model kegunaan poster yakni sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif

metode-desain-poster

Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan prosesnya patut betul-betul diamati dan tak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, sasaran audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membuat poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tapi akhirnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster

Level pertama yaitu mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami memberi anjuran menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih pantas dengan warna yang tampak di layar komputer atau notebook Anda.

Metode Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Jikalau desain poster yang telah anda buat

Online Anda masih bingung dalam memastikan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Harus Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti

Mesti pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster

Masih terkait dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang diterapkan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna saat mendesain poster umumnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat sasaran audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Sepatutnya selanjutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap

Desain sederhana dan minimalis pun dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini wajib dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Kalau Ukuran

Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk pelbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten jelas terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang digunakan.
8. Kiat Audiens

Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk menerima berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Sebagian desain poster selesai dihasilkan, berikutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.

Sebagian hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang umumnya dilakukan yaitu sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada sebagian daerah percetakan lazimnya akan lebih murah jikalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Digital vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, ialah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital

Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan digunakan yakni mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pelaksanaan proses yang cepat.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain ialah sebagai berikut:

Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Cara akan lebih mahal jikalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, melainkan lazimnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa progres umumnya lebih kencang diperbandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset merupakan cara percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:

Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian pengerjaan lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.

E. Sebagian yang memberi pengaruh tarif cetak poster

Sebagian faktor yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:

Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian spot UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama