Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk menyajikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.
Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi mengaplikasikan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dihasilkan memakai berbagai macam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beraneka ukuran kertas yang berbagai, melainkan yang biasanya diterapkan antara lain adalah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang biasanya menerapkan beberapa tipe kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh berjenis-jenis unsur, adalah lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster hal yang demikian.
Contohnya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali dibuat pada tahun 1700an yang biasanya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terpenting perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat beraneka dan untuk beragam tujuan, serta telah digunakan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa teladan kegunaan poster merupakan sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
metode-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus efektif, keseluruhan pengerjaannya semestinya sungguh-sungguh dipandang dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membikin poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan kesudahannya tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama adalah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi rekomendasi memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih sesuai dengan warna yang tampak di layar komputer atau laptop Anda.
Cara Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas keperluan
Bila desain poster yang sudah anda buat
Maya Anda masih keder dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Semestinya Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti
Mesti pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dipandang supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi terkenal dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Patut berikutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain simpel dan minimalis malahan dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dihasilkan, berikutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu dipandang pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dilaksanakan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa daerah percetakan lazimnya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, merupakan vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diaplikasikan adalah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan progres progres yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain adalah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal apabila memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan biasanya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa proses umumnya lebih pesat diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah metode percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah jikalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Beberapa faktor yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)
Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi mengaplikasikan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dihasilkan memakai berbagai macam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beraneka ukuran kertas yang berbagai, melainkan yang biasanya diterapkan antara lain adalah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang biasanya menerapkan beberapa tipe kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh berjenis-jenis unsur, adalah lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster hal yang demikian.
Contohnya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali dibuat pada tahun 1700an yang biasanya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terpenting perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat beraneka dan untuk beragam tujuan, serta telah digunakan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa teladan kegunaan poster merupakan sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
metode-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus efektif, keseluruhan pengerjaannya semestinya sungguh-sungguh dipandang dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membikin poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan kesudahannya tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama adalah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi rekomendasi memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih sesuai dengan warna yang tampak di layar komputer atau laptop Anda.
Cara Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas keperluan
Bila desain poster yang sudah anda buat
Maya Anda masih keder dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Semestinya Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti
Mesti pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dipandang supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi terkenal dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Patut berikutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain simpel dan minimalis malahan dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dihasilkan, berikutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu dipandang pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dilaksanakan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa daerah percetakan lazimnya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, merupakan vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diaplikasikan adalah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan progres progres yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain adalah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal apabila memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan biasanya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa proses umumnya lebih pesat diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah metode percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah jikalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Beberapa faktor yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)