Jasa Poster Terbaik di Manokwari

Poster yaitu satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga yakni salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.

Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi mengaplikasikan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster merupakan perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tak hanya terdiri dari satu macam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dibuat menerapkan pelbagai tipe bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam menentukan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beraneka ukuran kertas yang bermacam, namun yang biasanya dipakai antara lain yakni sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang dipakai untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang biasanya menerapkan beberapa jenis kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh pelbagai faktor, yakni lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.

Umpamanya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang digunakan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Ketika masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang sangat beragam dan untuk pelbagai tujuan, serta sudah dipakai sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian figur kegunaan poster adalah sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Sasaran

cara-desain-poster

Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya harus sangat dipandang dan tak cuma dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membuat poster yang kreatif serta pas target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun akhirnya tetap optimal.
A. Mendesain Poster

Jenjang pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami memberi saran mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih pantas dengan warna yang tampak di layar komputer atau notebook Anda.

Cara Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Jikalau desain poster yang telah anda buat

Online Anda masih bingung dalam menentukan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah sesuai kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Semestinya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti

Seharusnya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diamati supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat target audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Wajib selanjutnya adalah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap

Desain sederhana dan minimalis malah bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini semestinya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Jikalau Ukuran

Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens

Harus terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang ketertarikan audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan beragam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Sebagian desain poster selesai dijadikan, selanjutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dikerjakan ialah sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan diterapkan yaitu mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan cara kerja cara kerja yang kencang.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain ialah sebagai berikut:

Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Cara akan lebih mahal seandainya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tapi umumnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa cara kerja biasanya lebih cepat dibandingi offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset merupakan sistem percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:

Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian pengerjaan lebih lama dibandingkan percetakan komputerisasi.

E. Sebagian yang mempengaruhi biaya cetak poster

Sebagian elemen yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan titik UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama