Poster ialah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak dibuat oleh banyak orang.
Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan kiat desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dihasilkan mengaplikasikan bermacam-macam ragam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memutuskan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beraneka ukuran kertas yang pelbagai, tapi yang lazimnya diaplikasikan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan amat tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang umumnya menggunakan beberapa jenis kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh bermacam elemen, ialah lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.
Umpamanya Anda akan memasang poster pada halte bus yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang lazimnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terutama perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang betul-betul berjenis-jenis dan untuk bermacam-macam tujuan, serta telah digunakan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian figur kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus efektif, keseluruhan pelaksanaannya mesti benar-benar diamati dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya namun akibatnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi rekomendasi memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih cocok dengan warna yang nampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok keperluan
Jika desain poster yang telah anda buat
Internet Anda masih keder dalam menentukan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah layak kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Seharusnya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang dipakai, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dipandang supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster lazimnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib selanjutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti mesti penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap
Desain sederhana dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk berbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens
Semestinya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima beragam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diciptakan, selanjutnya yaitu menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang umumnya dikerjakan adalah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada beberapa daerah percetakan lazimnya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diaplikasikan yaitu mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pengerjaan proses yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain adalah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Kerja akan lebih mahal jikalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, melainkan lazimnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa progres lazimnya lebih cepat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah metode percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian progres lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Beberapa elemen yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)
Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan kiat desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dihasilkan mengaplikasikan bermacam-macam ragam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memutuskan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beraneka ukuran kertas yang pelbagai, tapi yang lazimnya diaplikasikan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan amat tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang umumnya menggunakan beberapa jenis kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh bermacam elemen, ialah lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.
Umpamanya Anda akan memasang poster pada halte bus yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang lazimnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terutama perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang betul-betul berjenis-jenis dan untuk bermacam-macam tujuan, serta telah digunakan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian figur kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus efektif, keseluruhan pelaksanaannya mesti benar-benar diamati dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya namun akibatnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi rekomendasi memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih cocok dengan warna yang nampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok keperluan
Jika desain poster yang telah anda buat
Internet Anda masih keder dalam menentukan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah layak kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Seharusnya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang dipakai, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dipandang supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster lazimnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib selanjutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti mesti penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap
Desain sederhana dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk berbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens
Semestinya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima beragam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diciptakan, selanjutnya yaitu menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang umumnya dikerjakan adalah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada beberapa daerah percetakan lazimnya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diaplikasikan yaitu mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pengerjaan proses yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain adalah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Kerja akan lebih mahal jikalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, melainkan lazimnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa progres lazimnya lebih cepat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah metode percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian progres lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Beberapa elemen yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)