Jasa Poster Terbaik di Kotamulia

Poster yaitu satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk menyajikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.

Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga kiat-tips promosi memakai poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster merupakan perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya dipakai untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dibuat menggunakan pelbagai tipe bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beraneka ukuran kertas yang berbagai, tapi yang lazimnya digunakan antara lain adalah sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diterapkan untuk poster akan betul-betul tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang biasanya memakai beberapa jenis kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beragam unsur, merupakan lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.

Umpamanya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang digunakan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dibuat pada tahun 1700an yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.

Dikala masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster memiliki kegunaan yang amat bermacam-macam dan untuk pelbagai tujuan, serta telah diaplikasikan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Beberapa model kegunaan poster adalah sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat

metode-desain-poster

Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pelaksanaannya seharusnya sangat dilihat dan tidak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya melainkan walhasil tetap maksimal.
A. Mendesain Poster

Level pertama merupakan mendesain poster, yang bisa Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami memberi masukan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih pantas dengan warna yang kelihatan di layar komputer atau notebook Anda.

Metode Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai keperluan
Kalau desain poster yang sudah anda buat

Dunia Anda masih kebingungan dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah sesuai kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti

Mesti pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang diaplikasikan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna saat mendesain poster umumnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin sasaran audiens menjadi tenar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Semestinya selanjutnya yaitu membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap

Desain simpel dan minimalis malah bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran

Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk pelbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens

Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan peluang ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima bermacam-macam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Beberapa desain poster selesai dibuat, berikutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.

Sebagian hal yang perlu dipandang pada dikala akan mencetak poster yang umumnya dijalankan yaitu sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada beberapa tempat percetakan biasanya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital

Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan dipakai adalah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan progres progres yang pesat.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Proses akan lebih mahal bila membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tapi biasanya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian cara kerja lazimnya lebih pesat dibandingi offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset adalah cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:

Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Biasanya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian pelaksanaan lebih lama diperbandingkan percetakan digital.

E. Beberapa yang mempengaruhi biaya cetak poster

Beberapa unsur yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian spot UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama