Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga merupakan salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster merupakan perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu ragam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diwujudkan mengaplikasikan bermacam jenis bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berbagai ukuran kertas yang beraneka, namun yang umumnya diterapkan antara lain ialah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menerapkan beberapa ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beraneka faktor, ialah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster tersebut.
Semisal Anda akan memasang poster pada halte bis yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang sungguh-sungguh berbagai dan untuk beragam tujuan, serta telah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian teladan kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Tepat
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan progresnya harus benar-benar diperhatikan dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, sasaran audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi akibatnya tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih cocok dengan warna yang terlihat di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Cara Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak keperluan
Jika desain poster yang sudah anda buat
Internet Anda masih bingung dalam memastikan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah sesuai kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Semestinya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan kepada target audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster umumnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin sasaran audiens menjadi terkenal dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Patut berikutnya yakni membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain simpel dan minimalis bahkan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini harus dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Apabila Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk pelbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap jelas terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens
Patut terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima berjenis-jenis tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai diciptakan, selanjutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada dikala akan mencetak poster yang biasanya dilaksanakan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada sebagian tempat percetakan biasanya akan lebih murah jika Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan dipakai ialah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses progres yang kencang.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis komputerisasi ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal jikalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan biasanya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa cara kerja lazimnya lebih pesat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset ialah sistem percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Biasanya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa cara kerja lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Sebagian yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Beberapa elemen yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster merupakan perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu ragam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diwujudkan mengaplikasikan bermacam jenis bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berbagai ukuran kertas yang beraneka, namun yang umumnya diterapkan antara lain ialah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menerapkan beberapa ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beraneka faktor, ialah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster tersebut.
Semisal Anda akan memasang poster pada halte bis yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang sungguh-sungguh berbagai dan untuk beragam tujuan, serta telah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian teladan kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Tepat
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan progresnya harus benar-benar diperhatikan dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, sasaran audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi akibatnya tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih cocok dengan warna yang terlihat di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Cara Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak keperluan
Jika desain poster yang sudah anda buat
Internet Anda masih bingung dalam memastikan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah sesuai kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Semestinya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan kepada target audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster umumnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin sasaran audiens menjadi terkenal dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Patut berikutnya yakni membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain simpel dan minimalis bahkan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini harus dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Apabila Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk pelbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap jelas terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens
Patut terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima berjenis-jenis tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai diciptakan, selanjutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada dikala akan mencetak poster yang biasanya dilaksanakan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada sebagian tempat percetakan biasanya akan lebih murah jika Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan dipakai ialah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses progres yang kencang.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis komputerisasi ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal jikalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan biasanya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa cara kerja lazimnya lebih pesat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset ialah sistem percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Biasanya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa cara kerja lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Sebagian yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Beberapa elemen yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)