Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.
Berikut akan dibuktikan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menggunakan poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak hanya terdiri dari satu jenis saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dihasilkan menerapkan beraneka macam bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beraneka ukuran kertas yang bermacam, namun yang umumnya dipakai antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan betul-betul tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang biasanya menerapkan beberapa macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh bermacam-macam faktor, ialah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster tersebut.
Seumpama Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dibuat pada tahun 1700an yang biasanya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, secara khusus perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang sungguh-sungguh berjenis-jenis dan untuk pelbagai tujuan, serta sudah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian figur kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
metode-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya wajib amat diperhatikan dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta pas sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi walhasil konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi saran menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih sesuai dengan warna yang menonjol di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Cara Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai keperluan
Apabila desain poster yang telah anda buat
Dunia Anda masih keder dalam menetapkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Sepatutnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dilihat supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Harus selanjutnya adalah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain sederhana dan minimalis bahkan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Kalau Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beraneka ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten jelas terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Patut terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan peluang atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai diwujudkan, berikutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang biasanya dikerjakan yakni sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa tempat percetakan biasanya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 jenis, ialah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan diterapkan yaitu mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pengerjaan cara kerja yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam komputerisasi ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal kalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, namun umumnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian proses biasanya lebih cepat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu cara percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa cara kerja lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.
E. Sebagian yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Beberapa elemen yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)
Berikut akan dibuktikan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menggunakan poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak hanya terdiri dari satu jenis saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dihasilkan menerapkan beraneka macam bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beraneka ukuran kertas yang bermacam, namun yang umumnya dipakai antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan betul-betul tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang biasanya menerapkan beberapa macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh bermacam-macam faktor, ialah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster tersebut.
Seumpama Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dibuat pada tahun 1700an yang biasanya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, secara khusus perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang sungguh-sungguh berjenis-jenis dan untuk pelbagai tujuan, serta sudah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian figur kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
metode-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya wajib amat diperhatikan dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta pas sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi walhasil konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi saran menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih sesuai dengan warna yang menonjol di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Cara Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai keperluan
Apabila desain poster yang telah anda buat
Dunia Anda masih keder dalam menetapkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Sepatutnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dilihat supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Harus selanjutnya adalah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain sederhana dan minimalis bahkan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Kalau Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beraneka ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten jelas terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Patut terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan peluang atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai diwujudkan, berikutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang biasanya dikerjakan yakni sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa tempat percetakan biasanya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 jenis, ialah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan diterapkan yaitu mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pengerjaan cara kerja yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam komputerisasi ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal kalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, namun umumnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian proses biasanya lebih cepat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu cara percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa cara kerja lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.
E. Sebagian yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Beberapa elemen yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)