Jasa Poster Terbaik di Batubara

Poster merupakan satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak dibuat oleh banyak orang.

Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi memakai poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tidak cuma terdiri dari satu macam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan mengaplikasikan bermacam-macam variasi bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam memutuskan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam ukuran kertas yang bermacam-macam, melainkan yang lazimnya diaplikasikan antara lain yaitu sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang biasanya menerapkan sebagian variasi kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh bermacam unsur, adalah lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.

Umpamanya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Saat masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster memiliki kegunaan yang benar-benar bermacam dan untuk beraneka tujuan, serta sudah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian contoh kegunaan poster yaitu sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif

cara-desain-poster

Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan cara kerjanya seharusnya sangat dilihat dan tidak cuma dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun walhasil konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster

Tingkatan pertama ialah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.

Kami menyarankan menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih sesuai dengan warna yang nampak di layar komputer atau laptop Anda.

Cara Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Apabila desain poster yang sudah anda buat

Internet Anda masih bingung dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Harus Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti

Harus pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster

Masih terkait dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang diterapkan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Sepatutnya berikutnya yaitu membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti seharusnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap

Desain sederhana dan minimalis malahan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini semestinya dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran

Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk berjenis-jenis ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens

Patut terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Beberapa desain poster selesai diciptakan, selanjutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.

Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dilakukan adalah sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada sebagian daerah percetakan biasanya akan lebih murah jika Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Digital vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, merupakan vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan digunakan adalah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan progres cara kerja yang kencang.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam komputerisasi ini antara lain ialah sebagai berikut:

Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Progres akan lebih mahal jikalau membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi lazimnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian progres umumnya lebih pesat diperbandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset ialah sistem percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain yakni sebagai berikut:

Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah jika mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian pelaksanaan lebih lama diperbandingkan percetakan komputerisasi.

E. Beberapa yang mempengaruhi tarif cetak poster

Beberapa unsur yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:

Tips bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)
Lebih baru Lebih lama